Minimalisir Risiko, 5 Makanan Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Rabu, 20 Juli 2022 - 09:53 WIB
loading...
Minimalisir Risiko, 5 Makanan Ini Bantu Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi harus diwaspadai karena bisa menimbulkan risiko kematian bagi penderitanya. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Tekanan darah tinggi atau hipertensi harus diwaspadai karena bisa menimbulkan risiko kematian bagi penderitanya. Bahkan, hipertensi disebut menjadi salah satu penyebab angka kematian tertinggi.

Hipertensi didefinisikan dengan nilai tekanan darah sistolik di atas 130 mmHg dan tekanan darah diastolik lebih dari 80 mmHg. Biasanya, untuk mengurangi tingkat tekanan darah akan menggunakan obat-obatan penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE).

Selain obat, dokter pastinya akan menyarankan pasien untuk memperbaiki gaya hidup, termasuk lebih selektif mengonsumsi makanan.

Nah, di bawah ini 5 rekomendasi makanan yang dipercaya dapat menurunkan tekanan darah dengan cukup baik. Dilansir dari Healthline, apa saja makanan tersebut?



1. Buah sitrus

Buah sitrus di sini termasuk anggur, jeruk, dan lemon. Buah ini memiliki efek menurunkan tekanan darah yang cukup kuat. "Buah-buah ini kaya akan vitamin, mineral, dan senyawa alami lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh," tulis laman tersebut.

Studi 5 bulan yang melibatkan 101 wanita Jepang menunjukkan bahwa konsumsi jus lemon setiap hari yang dikombinasikan dengan berjalan secara signifikan berkolerasi dengan penurunan tekanan darah. Ini efek dari asam sitrat dan flavonoid yang terkandung di lemon.

2. Salmon

Ikan berlemak baik seperti salmon adalah sumber omega 3 yang sangat baik, yang bermanfaat untuk kesehatan jantung. Lemak baik itu juga dipercaya dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan dan menurunkan oxylipins.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3858 seconds (0.1#10.140)