Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pacitan, Warga Sempat Panik Keluar Rumah

Minggu, 17 Juli 2022 - 20:13 WIB
loading...
Gempa Magnitudo 5,3 Guncang Pacitan, Warga Sempat Panik Keluar Rumah
Warga terlihat berada di jalan dan keluar rumah saat gempa mengguncang Pacitan berkekuatan M5,3 dan beberapa daerah di Jawa Timur, Minggu (17/7/2022). Foto: iNewsTV/Ahmad Subekhi
A A A
PACITAN - Gempa berkekuatan magnitudo M5,3 yang terjadi di Perairan Samudra Indonesia di barat daya Jawa Timur, menggegerkan warga Pacitan . Mereka pun panik dan berlarian keluar rumah.

Gempa sempat dirasakan warga Pacitan cukup kuat, meski sesaat kepanikan sempat terjadi hingga warga keluar rumah dan akhirnya suasana kembali normal.

Warga yang sempat panik karena kerasanya getaran, sempat berlarian keluar ruangan untuk menyelamatkan diri, namun setelah diluar ruangan gempa tak lagi terasa. Warga pun kembali beraktivitas seperti biasa.



“Kami sempat panik karena getarannya sangat kuat tetapi hanya sebentar, warga bahkan keluar rumah,” tutur Yusuf Arrifai, warga Pacitan

Hal yang sama juga diungkapkan warga lain, Muhammad Ahsab. Dia mengaku saat berada di dalam rumah terjadi guncangan cukup kuat. “Kami panik, tapi getarannya hanya sebentar,” ujar warga Pacitan ini.



Belum ada laporan kerusakan dampak gempa ini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pacitan masih mengumpulkan laporan, jika terjadi kerusakan atau korban.

Gempa berkekuatan magnitudo (M) 5,3 mengguncang sejumlah daerah di Jawa Timur dan Jawa Tengah pada sore hari ini, pukul 16.13 WIB. Belum diketahui apakah ada korban jiwa dan kerusakan akibat gempa bumi ini.



Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membeberkan, sejumlah daerah yang merasakan guncangan gempa yakni, Nganjuk, Karangkates, Bantul, Wonogiri, Trenggalek, Pacitan, Sleman, hingga Jember.

"Gempa ini dirasakan oleh warga di Nganjuk, Karangkates, Bantul, Wonogiri, Trenggalek, Pacitan, Sleman, Jember dengan skala intensitas II MMI dengan deskripsi getaran dirasakan oleh warga, hingga benda-benda ringan yang digantung bergoyang," Kepala Badan Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono melalui pesan singkatnya, Minggu (17/7/2022).
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4152 seconds (0.1#10.140)