Vaksinasi 500 Ekor Sapi Sehari Jadi Upaya Cegah Wabah PMK di Ponorogo

Rabu, 06 Juli 2022 - 10:03 WIB
loading...
Vaksinasi 500 Ekor Sapi Sehari Jadi Upaya Cegah Wabah PMK di Ponorogo
Vaksinasi 500 ekor sapi per hari dilakukan untuk mencegah wabah PMK di Ponorogo.Foto/Akhmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Penyakit mulut dan kuku (PMK) di Ponorogo terus meluas. Jumlah sapi yang terpapar mencapai 9.000 ekor lebih. Tim relawan terus melakukan penyuntikan vaksin pada sapi sehat. Setiap hari ada 500 ekor sapi sehat divaksinasi PMK.

Upaya relawan dari Satgas PMK UGM ini dilakukan untuk mencegah sapi sehat terjangkit PMK. Meski demikian, upaya ini juga mengalami hambatan berupa lokasi kandang sapi yang terpisah-pisah serta medan yang sulit menjadi sebab vaksinasi tidak bisa berjalan cepat.

"Lokasi kandang yang terpisah-pisah dan medan yang sulit menjadi salah satu kendala di lapangan sehingga pemberian vaksin tidak bisa dipercepat," terang anggota Satgas PMK UGM, dr Budi Pramono.

Baca juga: Vaksinasi Sapi Perah di Jatim Ditarget Tuntas Sebelum Idul Adha

Menurutnya, kawasan terparah penyebaran PMK ini ada di Kecamatan Pudak yang merupakan sentra sapi perah dan penggemukan. Di sana, petugas dari Dinas Pertanian dan Peternakan memberi obat dan ramuan tradisional.

Meski demikian, tetap saja ada sapi yang mati. Pemberian vaksin ini diharapkan bisa menyelamatkan sapi sehat tidak terpapar PMK.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)