Yayasan Hadji Kalla-Greenfluencer Programkan Budidaya Hidroponik di Panti Asuhan

Senin, 04 Juli 2022 - 17:37 WIB
loading...
Yayasan Hadji Kalla-Greenfluencer Programkan Budidaya Hidroponik di Panti Asuhan
Yayasan Hadji Kalla (YHK) bekerjasama Greenfluencer Indonesia menggelar program edukasi sistem hidroponik di Panti Asuhan Assalam, Kecamatan Rappocini, Senin (4/7/2022). Foto/Dok Yayasan Hadji Kalla
A A A
MAKASSAR - Yayasan Hadji Kalla (YHK) bekerjasama Greenfluencer Indonesia menggelar program edukasi sistem hidroponik di Panti Asuhan Assalam, Kecamatan Rappocini, Senin (4/7/2022). Kegiatan ini digelar dalam bentuk workshop dan pendampingan dengan tema 'Pangan Sehat Panti Berdaya'.

Ketua Komunitas Greenfluencer Indonesia, Muhammad Fajar, menjelaskan program edukasi dan bantuan pembuatan hidroponik untuk panti asuhan ini akan berfungsi sebagai sumber pangan dan gizi mandiri untuk anak-anak yang ada di panti asuhan. Budidaya hidroponik dipilih karena hemat tempat, rendah biaya, panen cepat dan tentunya ramah lingkungan yang bisa dikelola oleh semua orang yang ada di panti asuhan.



“Program ini diharapkan tidak hanya mendukung ketersediaan, akses dan konsumsi gizi makanan, tetapi juga dapat menghasilkan atau meningkatkan kemandirian panti asuhan. Pada kesempatan ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Hadji Kalla yang telah mendukung program ini,” jelas Fajar.

Secara umum, tujuan program tersebut ialah untuk meningkatkan ketahanan pangan warga panti asuhan. Kemudian, secara khusus, program ini diharapkan bisa memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pangan yang bisa dihasilkan melalui cara hidroponik.

Sementara itu, Penanggung Jawab Prgram CSR YHK , Kurniawan Jaya, menjelaskan penerima manfaat dalam program ini cukup banyak dan memberikan dampak jangka panjang bagi warga panti asuhan dan para pendamping. Ia pun yakin program ini dapat berkelanjutan.

“Anak-anak bisa belajar apa itu hidroponik , cara membuat dan menghasilkan sayur dengan mudah. Mungkin saja nanti kalau hasilnya bisa lebih, maka bisa dijual juga, haslinya bisa dinikmati oleh anak-anak panti asuhan di sini. Itulah kenapa komunitas Greenfluencer ini dipilih untuk kita bantu.” pungkasnya.



Kurniawan melanjutkan bahwa YHK melalui Program Aktif Positif selalu siap membantu dan berkolaborasi dengan berbagai pihak, baik itu organisasi, komunitas, lembaga hingga instansi. Tujuannya ialah untuk menciptakan berbagai inisiasi kegiatan sosial yang membawa kebermanfaatan.

Salah seorang pembina di Panti Asuhan Assalam, Ifah, mengapresiasi Greenfluencer dan YHK karena panti yang dibimbing bisa dipilih dalam program ini. “Kami berharap lewat bantuan peralatan hidroponik ini, anak-anak binaannya bisa belajar dan lebih mandiri untuk menghasilkan pangan sehat yang bermanfaat bagi semua,” tandasnya.
(tri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2543 seconds (0.1#10.140)