Apresiasi Kampung Tangguh COVID-19, Pemkot Surabaya Bakal Tambah Anggaran

Kamis, 25 Juni 2020 - 18:16 WIB
loading...
Apresiasi Kampung Tangguh COVID-19, Pemkot Surabaya Bakal Tambah Anggaran
Whisnu Sakti Buana mengunjungi Kampung Tangguh di RT7/RW1, Kelurahan Bubutan, Kecamatan Bubutan Surabaya, Kamis (25/6/2020). Foto/Ist
A A A
SURABAYA - Pemkot Surabaya bakal menambah anggaran dalam pemberdayaan Kampung Tangguh di setiap RT. Penambahan anggaran tersebut untuk menambah fasilitas dalam pemutusan rantai Corona.

Semula masing-masing RT mendapat kucuran anggaran sebesar Rp3 juta setiap bulan, nantinya menjadi Rp3,5 juta.

Wakil Wali Kota Surabaya sekaligus Wakil Ketua Gugus Tugas COVID-19 Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana mengatakan, penambahan diusulkan untuk dikucurkan setiap dua minggu sekali.

“Penambahan (anggaran) ini nantinya bisa digunakan untuk menambah dapur umum di masing-masing RT,” kata Whisnu seusai mengunjungi Kampung Tangguh di RT 7 RW 1 Kelurahan Bubutan Kecamatan Bubutan Surabaya, Kamis (25/6/2020).

Dia menjelaskan, usulan penambahan anggaran ini lantaran terkesan dengan kemandirian Kampung Tangguh di RT 7 Kranggan.

Warga bergotong-royong dalam mencegah penyebaran COVID-19 di wilayah tersebut. Salah satunya membuat penyemprotan desinfektan sepanjang 162 meter di sepanjang kampung. ”Ini bagus sekali dan bisa menjadi percontohan di kampung lainnya,” katanya.

Kemandirian membentuk Kampung Tangguh ini, kata dia, perlu mendapat support. “Yah salah satunya seperti menambah fasilitas di kampung tangguh. Bisa bekerjasama dengan Babinkamtibmas dan Babinsa, dalam menambah saluran desinfektan. Jadi ketika warga mau berangkat kerja otomatis dinyalakan sehingga kondisinya steril,” jelasnya.

Apresiasi ini direspon oleh Bripka Sugeng, Babinkamtibmas Kecamatan Gubeng Surabaya. Ia menyatakan, kolaborasi dengan Pemkot Surabaya diharapkan lebih memaksimalkan dalam pemutusan penyebaran virus. (Baca juga: Dua Pekan 4.000 Kasus Covid-19, Khofifah: Butuh Energi Maksimal Turunkan Ini)

“Selain itu juga sosialisasi yang dilakukan juga harus didukung tidak hanya pengurus RT melainkan seluruh warga,” katanya.
(boy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1017 seconds (0.1#10.140)