6 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan bagi Penderita Diabetes

Selasa, 28 Juni 2022 - 08:54 WIB
loading...
6 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan bagi Penderita Diabetes
Mengontrol berat badan penting bagi penderita diabetes. Foto/Freepik
A A A
MAKASSAR - Penurunan berat badan pada diabetes adalah strategi yang efektif untuk mencegah faktor risiko terkait seperti obesitas dan penyakit jantung.

Kegemukan atau obesitas merupakan masalah kesehatan yang harus diurus oleh setiap orang. Tetapi ketika datang ke penderita diabetes , kesehatan dan pengendalian berat badan harus menjadi prioritas.

Menurut sebuah penelitian, penurunan berat badan sedang sebesar 5-10 persen dapat secara signifikan meningkatkan fungsi sel beta di pankreas, memperbaiki masalah yang terkait dengan gangguan jaringan adiposa dan mengurangi faktor risiko diabetes terkait obesitas.

Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa penurunan berat badan dapat membalikkan diabetes atau dapat mencegah prediabetes berkembang menjadi diabetes, mengingat mereka harus mempertahankan berat badan mereka yang sehat secara konstan.

Namun, proses diet dan berolahraga untuk penderita diabetes bukanlah tugas yang mudah karena mereka harus berhati-hati tentang apa yang mereka makan dan aktivitas fisik yang mereka lakukan.

Dianjurkan untuk berkonsultasi dengan ahli medis untuk memahami diet dan olahraga Anda sehingga Anda tidak akan membuat kondisi menjadi lebih buruk.

Dilansir dari Boldsky, berikut ini beberapa tips efektif menurunkan berat badan bagi penderita diabetes .



1. Aktivitas fisik yang teratur

Berjalan adalah aktivitas fisik yang sederhana dan efektif untuk menurunkan berat badan penderita diabetes. Sebuah penelitian mengatakan bahwa 30 menit berjalan setiap hari dapat membantu mengurangi risiko komplikasi diabetes seperti penyakit jantung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1973 seconds (0.1#10.140)