Banyak WNA di Bali Terpapar COVID-19, Ini Penyebabnya

Jum'at, 24 Juni 2022 - 03:30 WIB
loading...
Banyak WNA di Bali Terpapar COVID-19, Ini Penyebabnya
Kasus COVID-19 di Denpasar Bali kembali meningkat dalam beberapa hari terakhir dan paling banyak menimpa WNA yang masuk Bali. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
DENPASAR - Warga Negara Asing ( WNA ) menjadi penyumbang naiknya kasus COVID-19 di Bali dalam beberapa hari terakhir. Dinas Kesehatan Bali pun mengungkap penyebabnya.

"Mereka (WNA) ini membawa kebiasaan buruk dari negaranya dengan tidak memakai masker," kata Kepala Dinas Kesehatan Bali I Nyoman Gede Anom, Kamis (23/6/2022).

Baca juga: Puluhan WNA Menyumbang Naiknya Kasus COVID-19 di Bali

Berdasarkan data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, hari ini terdapat 18 WNA terkonfirmasi positif dari total jumlah kasus baru sebanyak 56 orang.



Sehari sebelumnya, dari 51 kasus baru, 21 orang di antaranya WNA. Sedangkan dua hari lalu, ada 17 WNA terkonfirmasi positif COVID-19 dari 65 kasus baru.

Anom menjelaskan, sejak dia menjabat April lalu, sudah ditemukan WNA yang dinyatakan positif dan jumlahnya terus meningkat. Bahkan tidak jarang jumlah WNA yang terpapar lebih banyak dibanding WNI.

Baca juga: Percepat Pulihkan Pendidikan Pasca Pandemi, Indonesia Dorong Semangat Gotong Royong

Dia mengungkap, kebiasaan buruk WNA tidak memakai masker dengan mudah bisa dijumpai di kawasan Canggu, Kuta Utara dan Kerobokan.

"Mereka di sana kan bebas (tidak mau pakai masker). Justru, orang kita yang disiplin pakai masker. Kalau mereka kan biasa bebas masker dari dulu," sebutnya.

Mengantisipasi kasus COVID-19 yang disumbangkan WNA terus meningkat, pihaknya akan segera mengambil langkah penegakan protokol kesehatan. "Kita juga akan gencarkan vaksinasi booster," tegasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1422 seconds (11.97#12.26)