Banyak Inovasi, Kemendagri Tunjuk Kota Sukabumi Jadi Lokasi Studi Lapangan PPSDM

Kamis, 23 Juni 2022 - 16:27 WIB
loading...
Banyak Inovasi, Kemendagri Tunjuk Kota Sukabumi Jadi Lokasi Studi Lapangan PPSDM
Kota Sukabumi menjadi Lokasi Studi Lapangan PPSDM Kemendagri. Sukabumi dipilih karena banyak inovasi yang telah dilakukan pemkot sana. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SUKABUMI - Kota Sukabumi menjadi Lokasi Studi Lapangan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Kementerian Dalam Negeri ( Kemendagri ). Sukabumi dipilih karena banyak inovasi yang telah dilakukan pemkot sana.

Kepala PPSDM Kemendagri Regional Bandung Belly Isnaeni mengatakan, Kota Sukabumi dipilih sebagai lokasi studi lapangan karena banyak inovasi dilakukan dan banyak penghargaan. “Walaupun kota kecil dikenal sampai ke nasional prestasinya,” katanya, Selasa (21/6/2022).

Dalam studi lapangan ini ada sebanyak 40 orang peserta dari Pemda Garut dan Pringsewu. Diharapkan peserta akan menggali informasi dari inovasi yang ada di Sukabumi. Baca juga: Badan Riset di Daerah Bisa Lahirkan Kebijakan Berbasis Data dan Penelitian

Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi sendiri menjadi narasumber Studi Lapangan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) Angkatan III PNBP Tahun 2022 yang diselenggarakan PPSDM Kemendagri Regional Bandung, di Hotel Horison Selasa (21/6/2022). Fahmi memberikan paparan mengenai apa yang sudah dilakukan Pemkot Sukabumi yakni program unggulan yang sudah terealisasi.

Menurut Fahmi, prestasi yang diraih Sukabumi karena silaturahmi dan upaya percepatan pembangunan di daerah dengan melakukan studi tiru. ''Penentuan Sukabumi sebagai lokasi studi lapangan ini berdasarkan kajian dari PPSDM Kemendagri dan berharap tidak mengecewakan,'' kata Achmad Fahmi.

Fahmi menyampaikan sejumlah inovasi yang digulirkan Pemkot Sukabumi di berbagai bidang. Misalnya pada layanan kesehatan ada homecare, ambulans sigap, dan puskesmas klinik sore. Baca juga: Antisipasi PMK, Hewan Kurban di Sukabumi Diberi Kalung setelah Dinyatakan Sehat



Di bidang ekonomi, ada program Sukabumi Kelurahan Entrepreneurship Center (kece) untuk membentuk wirausaha baru di kelurahan dan Sukabumi Creative Hub (SCH). Program inovasi lainnya di bidang literasi, student camp, rumah singgah di Bandung, pembinaan keagamaan, dan lain sebagainya.

Menurut Fahmi, inovasi harus berkolaborasi bukan hanya dengan SKPD tapi dengan pihak lainnya baik pihak swasta dan organisasi profesi. Sehingga program unggulan Pemkot Sukabumi dalam memberikan layanan kepada warga dapat tercapai dengan baik.
(poe)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2204 seconds (11.97#12.26)