Gempa Bumi Tektonik M5,4 Guncang Bengkulu Selatan, Dipicu Aktivitas Subduksi Lempeng

Sabtu, 18 Juni 2022 - 19:25 WIB
loading...
Gempa Bumi Tektonik M5,4 Guncang Bengkulu Selatan, Dipicu Aktivitas Subduksi Lempeng
Gempa bumi tektonik mengguncang Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, tepatnya di wilayah Bengkulu Selatan, Bengkulu, Sabtu (18/6/2022) pukul 18.22 WIB. Foto/Ilustrasi/Dok.SINDOnews
A A A
BENGKULU SELATAN - Gempa bumi tektonik mengguncang Samudera Hindia Pantai Barat Sumatera, Bengkulu Selatan, Bengkulu, Sabtu (18/6/2022) pukul 18.22 WIB.

Berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempaterkini ini memiliki parameter update dengan magnitudo (M)5,4.

Baca juga: Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Bengkulu, Waspada Gempa Susulan

Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.05° LS ; 102,78° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 65 Km arah Timur Laut Enggano, Bengkulu pada kedalaman 73 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik ( thrust fault )," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno.

Dia menyatakan, gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kepahiang dengan skala intensitas IV-V MMI (Getaran dirasakan hampir semua penduduk, orang banyak terbangun), daerah Kota Bengkulu, Seluma, Rejang Lebong dengan skala intensitas IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah ).

Sedangkan daerah Kaur dengan skala intensitas III-IV MMI (Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah)

Baca juga: Gempa Bermagnitudo 7,2 Guncang Nias, BMKG Ingatkan Gempa Susulan

Sementara daerah Liwa dan Muko-Muko dengan skala intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu).

"Daerah Sekincau dan Pesisir Barat dengan skala intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1557 seconds (10.55#12.26)