Duh! SDN di Gunungkidul Kurang Diminati, Pendaftar Baru 5 Orang

Sabtu, 18 Juni 2022 - 18:24 WIB
loading...
Duh! SDN di Gunungkidul Kurang Diminati, Pendaftar Baru 5 Orang
Ilustrasi siswa SD. Foto: Istimewa
A A A
GUNUNGKIDUL - Sejumlah Sekolah Dasar (SD) di Gunungkidul, tercatat minim pendaftar dalam Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023. PPDB sendiri telah berakhir, pada 15 Juni 2022.

Dari data Dinas Pendidikan Gunungkidul, terdapat beberapa SD yang mencatatkan siswa yang mendaftar di bawah 5 orang, hingga penutupan PPDB kemarin. Empat SD tersebut diantara SD Kedungbolong Gedangsari, SD Ngalang Gedangsari, SD Pucung Girisubo, SD Ngagel Karangmojo, SD Bibal Panggang dan juga Wonolagi Ngleri

Kepala Sekolah SD N Bibal, Tri Widayanti saat dikonfirmasi membenarkan sekolahnya hanya terdapat satu siswa yang mendaftar saat PPDB. Sejatinya, dalam PPDB kali ini ada 4 orang pendaftar. Namun yang dapat mereka upload secara online hanya 1 orang.



"Satu itu yang online, yang offline ada tiga. TK wilayah SD hanya meluluskan tiga siswa, yang dua siswa keluar daerah ikut orang tua," ucapnya, Sabtu (18/6/2022).

Sedikitnya siswa yang mendaftar di SDN Bibal Panggang bukan karena kualitas SD tersebut, tetapi lebih karena keberadaan SD tersebut merupakan SD Layanan. Di mana SD tersebut harus berdiri, kendati tidak ada murid sekalipun.

SDN Bibal Panggang ini didirikan oleh pemerintah untuk melayani Dusun Bibal. Dusun Bibal, berada di Kelurahan Girisoka Kapanewon Panggang, wilayah paling luar di Kabupaten Gunungkidul karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Bantul. Dusun Bibal hanya terdiri dari 25 Kepala Keluarga (KK).



"Kita berada di wilayah terluar. Jarak terdekat dengan SD lain itu sekitar 4-5 kilometer. SD kami mendapat amanah harus berdiri, meskipun pada tahun tertentu tidak mendapat murid," paparnya.

Minimnya pendaftar ini bukanlah kali ini terjadi. Karena setiap tahun pelajaran baru hanya sedikit siswa yang mendaftar kesana. Padahal, SDN Bibal sendiri diisi oleh tenaga pendidik yang komplit, semua mata pelajaran termasuk olah raga sudah terdapat gurunya masing-masing. Bahkan di SDN Bibal terdapat tenaga pendidik yang memiliki gelar S 2.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2480 seconds (0.1#10.140)