1.393 Ternak di Kabupaten Garut Dinyatakan Sembuh dari Wabah PMK

Sabtu, 11 Juni 2022 - 05:26 WIB
loading...
1.393 Ternak di Kabupaten Garut Dinyatakan Sembuh dari Wabah PMK
Sebanyak 1.393 ekor ternak di Garut dinyatakan sembuh dari PMK.Foto/dok
A A A
GARUT - Sedikitnya 1.393 ekor hewan ternak yang terjangkit wabah Penyakit Mulut dan Kuku di Kabupaten Garut dinyatakan sembuh. Ribuan ekor hewan ternak yang terdiri dari sapi potong, sapi perah dan domba itu dinyatakan sembuh usai diobati petugas Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Garut Sofyan Yani mengatakan, hingga 9 Juni 2022, jumlah hewan yang terdampak wabah PMK mencapai 2.200 ekor. "2.200 hewan terdampak PMK sudah diobati. Ternak sebanyak 1.393 ekor sembuh, 40 ekor dinyatakan mati dan 78 ekor lainnya dipotong paksa," kata Sofyan, Jumat (10/6/2022).

Baca juga: Dituding Nunggak Sewa Rp12 Miliar, Ini Tanggapan Pengelola Kebun Binatang Bandung

Sofyan menambahkan, proses pengobatan terhadap hewan terjangkit PMK merupakan upaya yang dilakukan Pemkab Garut, sebagai tindak lanjut dari pembentukan Satgas PMK. Satgas ini tercantum dalam Keputusan Bupati Garut Nomor 524.31/KEP.237-DISKANAK/2022, Tentang Pembentukan Satgas Pengendalian dan Penanggulangan PMK.

Sofyan yang juga menjabat sebagai Koordinator Bidang Teknis Pengendalian dan Penanggulangan PMK, mengimbau para peternak agar melakukan langkah-langkah sesuai dengan arahan dari petugas kesehatan hewan, misalnya menjaga kebersihan dan lalulintas di kandang, agar penyebaran PMK ini bisa terus ditekan. Selain itu, Sofyan pun berpesan agar masyarakat untuk tidak resah dengan adanya wabah PMK ini.

"Penyakit ini tidak menular kepada manusia, dan daging hewan yang terkena penyakit pun masih aman, asalkan dalam pemotongan dan pengolahan memenuhi kriteria kesehatan pangan," paparnya.

Bagi para peternak yang hewannya terpapar PMK, Sofyan menjelaskan sejumlah cara yang dapat ditempuh.

"Lakukan pengobatan seintens mungkin, komunikasi dengan petugas pengobatan, baik itu antibiotik dan vitamin. Kalau memang peternak juga mampu mengobati dengan pola sendiri juga dipersilahkan, itu langkah-langkahnya," ucapnya.

Munculnya wabah PMK di beberapa daerah setidaknya membuat pemerintah pusat menerbitkan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 31 Tahun 2022, tentang Penanganan Wabah PMK serta Kssiapan Hewan Kurban Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Inmendagri tersebut berisi tentang instruksi pemerintah pusat pada 18 pemerintah provinsi (pemprov) berikut pemkab dan pemerintah kota (pemkot), untuk membentuk Gugus Tugas Penanganan PMK dan Otoritas Veteriner Daerah.

Selain itu, pemerintah pusat pun meminta agar peran dan fungsi gugus tugas dioptimalkan, untuk menjamin mitigasi risiko kesehatan hewan dan lingkungan, serta pengaruhnya pada aspek ekonomi, sosial, dan budaya.

Pemkab Garut sendiri telah menetapkan lima titik check point yang menjadi lokasi rawan terhadap masuknya hewan ternak dari luar daerah. "Satu check point di wilayah Cilawu, terus Limbangan dan Malangbong, kemudian daerah Leles dan Kadungora, kemudian wilayah Cibalong karena ada peluang masuknya ternak sapi melalui jalur lintas selatan," sebut Sofyan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1097 seconds (0.1#10.140)