alexametrics

KPU tetapkan AIM-Benar Bupati Polman terpilih

loading...
KPU tetapkan AIM-Benar Bupati Polman terpilih
Andi Ibrahim MasdarMuh Natsir Rahmat (dok:Istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Polewali Mandar (Polman) menetapkan pasangan Andi Ibrahim Masdar–Muh Natsir Rahmat (AIM-Benar) sebagai Calon Bupati dan Wakil Bupati Polman terpilih periode 2014-2016.

Penetapan AIM-Benar dilakukan dalam rapat pleno terbuka KPU setelah sebelumnya menggelar rekapitulasi perhitungan suara dari 16 kecamatan yang digelar di Aula SLB Polewali, pada Senin 14 Oktober 2013.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara itu, pasangan nomor urut tiga ini unggul dalam perolehan suara atas tujuh calon lainnya, yakni Naharuddin–Abdi Manaf, Mujirin–Hasan Bado, Nadjamuddin Ibrahim–Erfan Kamil, Hikman–Nadjib Abdullah Majid, Muh Asri Anas–Chuduriah Sahabuddin, Andi Padly–Rahman Razak, dan Munarfa Atjo–Andi Bebas.

Jagoan Partai Golkar ini meraih dukungan terbanyak, dengan jumlah perolehan suara sebanyak 77.521 suara atau 35,92 persen dari jumlah 215.791 surat suara.

Kemudian, diurutan kedua ditempati pasangan calon nomor urut Nadjamuddin Ibrahim–Erfan Kamil dengan jumlah perolehan suara sebanyak 42.621 suara atau 19,75 persen, urutan ketiga ditempati pasangan calon nomor urut 6 Muh Asri Anas–Chuduriah Sahabuddi dengan jumlah perolehan suara sebanyak 28.701 suara atau 13,30 persen.

Selanjutnya, urutan keempat ditempati pasangan nomor urut 5 Hikman–Nadjib Abdullah Majid dengan jumlah perolehan sebanyak 28,371 suara atau 13,15 persen. Pada urutan kelima, ditempati pasangan nomor urut 2 Mujirin–Hasan Bado dengan jumlah perolehan sebanyak 21.565 suara atau 9,99 persen.

Sedangkan urutan keenam ditempati pasangan nomor urut 8 Munarfa Atjo–Andi Bebas dengan jumlah perolehan sebanyak 10,334 suara atau 4,79 persen, dan urutan ketujuh pasangan nomor urut 7 Andi Padly–Rahman Razak dengan jumlah perolehan sebanyak 3.472 suara atau 1,61 persen.

Pasangan yang berada di urutan terakhir adalah nomor urut 1 Naharuddin–Abdi Manaf yang terpaksa harus puasa dengan perolehan 3.206 suara atau 1,49 persen.

Perhitungan suara secara manual yang digelar KPU tersebut, tidak jauh berbeda dengan hasil quick qount (hitung cepat) lembaga survey pada saat pencoblosan yang memenangkan AIM Benar dengan persentase perolehan dukungan suara 35,72 persen.

Ketua KPU Polman, Achmadi Touwe, yang memimpin rapat pleno terbuka menyampaikan, dengan hasil perolehan suara tersebut, maka KPU langsung menetapkan AIM-Benar sebagai calon bupati dan wakil bupati terpilih periode 2014-2019.

Selain itu, dengan perolehan suara lebih dari 30 persen, maka berdasarkan ketentuan perundang-undangan, pemungutan suara Pilkada Polman hanya berlangsung satu putaran.

Lebih lanjut Achmadi menyampaikan, setelah proses tersebut, KPU akan menunggu kemungkinan adanya keberatan dari pasangan calon lain sebelum dilanjutkan proses pelantikan pasangan cabup dan cawabup terpilih pada Januari mendatang.
(san)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak