3 Asupan Ini Penting Jaga Imun Tubuh Saat Cuaca Tidak Menentu

Kamis, 09 Juni 2022 - 11:39 WIB
loading...
3 Asupan Ini Penting Jaga Imun Tubuh Saat Cuaca Tidak Menentu
Menjaga asupan nutrisi penting agar imun tubuh tetap kuat saat cuaca tidak menentu. Foto/Diethood
A A A
JAKARTA - Cuaca yang tidak menentu melanda sejumlah wilayah di Indonesia akhir-akhir ini, termasuk di Kota Makassar. Cuaca yang tadinya panas tiba-tiba hujan lebat. Dengan kondisi cuaca yang tidak stabil, asupan nutrisi untuk tubuh perlu dijaga agar tidak mudah sakit.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makanan juga berpengaruh pada sifat pengaturan kekebalan. Makanan yang dipilih sebaiknya mengandung makronutrien seperti protein, asam lemak omega-3, atau mikronutrien seperti vitamin C dan D.

Berikut adalah nutrisi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seperti dilansir laman Times Now News.

Baca Juga: Deretan Jenis Kacang Ini Bisa Meningkatkan Imun Tubuh

1. Protein

Beberapa asupan seperti susu dan berbagai produk olahannya, ayam, ikan, telur, dan kedelai merupakan sumber protein terbaik. Anda juga bisa mengonsumsi milkshake buah, yogurt buah, omlette, hingga sup ayam.

2. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang memiliki efek kekebalan-modulasi. Anda bisa makan ikan, udang, kacang-kacangan dan beberapa biji minyak seperti kenari, pista, biji chia, dan biji rami untuk mendapatkan asam omega-3.

3. Vitamin C

Seperti dilansir dari Sindo News, Vitamin C dapat Anda peroleh dari banyak buah-buahan dan sayuran seperti kiwi, jambu biji, jeruk, stroberi, pepaya, mangga, paprika, kangkung dan bayam. Dengan mengonsumsi makanan alami seperti buah-buahan dan sayuran segar tersebut anda akan mendapatkan vitamin C dengan cara yang terbaik.

(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3545 seconds (11.97#12.26)