Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi Diperpanjang 3 Hari, Ini Pertimbangannya

Jum'at, 03 Juni 2022 - 19:27 WIB
loading...
Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi Diperpanjang 3 Hari, Ini Pertimbangannya
KN SAR Kamajaya melanjutkan pencarian 16 korban KM Ladang Pertiwi yang dinyatakan tenggelam di Perairan Selat Makassar, Jumat (26/5/2022) pekan lalu. Foto/SINDOnews/Ansar Jumasang
A A A
MAKASSAR - Basarnas Makassar memastikan memperpanjang masa pencarian korban KM Ladang Pertiwi yang tenggelam di Selat Makassar untuk tiga hari ke depan. Sekadar diketahui, operasi SAR telah berlangsung selama sepekan, dimana 31 penumpang ditemukan selamat, 3 orang meninggal dan 16 orang lainnya masih hilang.

"Operasi SAR kami akan perpanjang hingga tiga hari ke depan, disebabkan masih banyaknya korban yang belum ditemukan," kata Kepala Basarnas Makassar, Djunaidi, saat konferensi pers di Mapolda Sulsel, Jumat (3/6/2022).

Baca Juga: Basarnas Perluas Wilayah Pencarian Korban KM Ladang Pertiwi

Djunaidi mengungkapkan keputusan perpanjangan masa pencarian dilakukan atas berbagai pertimbangan. Di antaranya yakni pihaknya telah menemukan tiga korban meninggal dunia dan masih banyak korban yang belum ditemukan.

"Masih ada 16 korban dan kita berusaha maksimal mungkin untuk operasi SAR sampai hari ke tiga ke depan untuk menemukan seluruh korban yang ada," ungkapnya.

Meski masih banyak korban yang belum ditemukan, Djunaidi mengucapkan terima kasih kepada semua unsur yang terlibat dalam proses operasi pencairan KM Ladang Pertiwi .

"Kami terima kasih kepada Kapolri, Kapolda, Bakamla, dan TNI. Kami terima kasih telah menurunkan kapal untuk mencari dan saat ini sudah ditemukan 34 korban," ungkapnya.

Dari 34 korban yang ditemukan, 31 selamat serta 3 lainnya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia. Namun, baru satu korban meninggal yang diketahui identitasnya yaitu Hj Hajra (72). Sementara dua korban lainnya yang berjenis kelamin laki-laki dan perempuan masih diidentifikasi oleh Tim DVI Polda Sulsel di RS Bhayangkara Makassar.

Hal senada diungkapkan oleh Kapolda Sulsel, Irjen Pol Nana Sudjana. Ia mengatakan dalam pencarian korban kecelakan laut, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Basarnas, Pemda dan TNI berkaitan dengan perpanjangan operasi SAR tiga hari kedepan.

Baca Juga: Nelayan Temukan Satu Jenazah Korban KM Ladang Pertiwi

Ia juga mengatakan telah melaporkan perpanjangan pencarian tersebut kepada atasannya di Mabes Polri. Langkah itu dilakukan lantaran berkaitan penambahan bantuan sarana dan prasarana dalam masa pencarian tiga hari kedepan.

''Kepolisian mendukung sepenuhnya, dan kami pun sudah melaporkan ke pimpinan kami di Mabes Polri. Jadi terkait untuk bantuan heli kemudian kapal dari Mabes Polri akan kita tambah sampai tiga hari ke depan,'' tukasnya.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1450 seconds (10.55#12.26)