Puluhan Warga Sipil Kabupaten Gowa Ikut Latihan Dasar Militer

Senin, 30 Mei 2022 - 17:39 WIB
loading...
Puluhan Warga Sipil Kabupaten Gowa Ikut Latihan Dasar Militer
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama peserta latihan dasar militer, Senin (30/5/2022). Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Puluhan warga sipil di Kabupaten Gowa mengikuti latihan dasar kemiliteran Komandan Cadangan atau Latsarmil Komcad. Mereka berasal dari berbagai institusi, seperti pemerintahan, pendidikan, hingga masyarakat umum.

Latihan dasar militer Komcad 2022 ini dilaksanakan di Lapangan Sapta Marga Rindam XIV/Hasanuddin, Kecamatan Bontomarannu, Senin (30/5/2022). Total ada 500 orang yang ikut. 47 di antaranya adalah warga Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Bupati Gowa
Menurut Adnan , kesadaran bela negara bukan hanya menjadi tanggung jawab TNI atau Kementerian Pertahanan saja, akan tetapi seluruh komponen bangsa.

Salah satu strategi pertahanan negara yang saat ini dilaksanakan dalam menghadapi dinamika lingkungan strategis adalah Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata) melalui pembentukan Komponen Cadangan TNI.

Pembentukan Komcad ini bertujuan untuk membentuk sebuah satuan baru agar ketika terjadi kekacauan, maka komponen cadangan ini siap membantu TNI menghalau musuh yang mengganggu pertahanan negara.

Baca Juga: Panglima Kodam XIV/Hasanuddin
"Komponen Cadangan sebagai subsistem pertahanan negara yang harus dipersiapkan sejak dini sehingga pada saat diperlukan mampu memperbesar dan memperkuat komponen utama dan dalam prosesnya harus didasarkan pada kebutuhan dan kemampuan kekuatan pertahanan negara Indonesia dengan memadukan antara kekuatan pertahanan militer dan nirmiliter,” tegasnya.

Baca Juga: Pangdam
"Kalian harus bangga karena menjadi seorang Komcad tidaklah mudah. Kalian adalah orang-orang terpilih yang telah diseleksi. Untuk itu, serap dan ikuti dengan sebaik-baiknya materi yang diberikan para pelatih," pesannya kepada peserta Latsarmil di akhir sambutan.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)