Bupati Optimistis Kabupaten Gowa Masuk Top 10 Pengelolaan Pengaduan

Sabtu, 28 Mei 2022 - 21:11 WIB
loading...
Bupati Optimistis Kabupaten Gowa Masuk Top 10 Pengelolaan Pengaduan
Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan memaparkan mengenai efektivitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik secara virtual. Foto: Istimewa
A A A
GOWA - Bupati Gowa , Adnan Purichta Ichsan optimistis pengelolaan pengaduan pelayanan publik Pemkab Gowa bisa menembus 10 besar Kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik ke-4 tahun 2022. Event ini dilaksanakan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi.

Adnan secara virtual memaparkan mengenai efektivitas pengelolaan pengaduan pelayanan publik pada Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional-Layanan Aspirasi Online Rakyat (SP4N-LAPOR) melalui pemberdayaan masyarakat (Inovasi Sahabat Lapor).

Baca Juga: Adnan
"Semua itu disebabkan karena rendahnya penyebaran informasi, penggunaan perangkat teknologi informasi dan internet, dan kepedulian masyarakat yang masih enggan dan takut melapor," ungkapnya.

Olehnya itu, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat, Pemerintah Kabupaten Gowa membuat suatu perubahan dan perbaikan pengelolaan pengaduan melalui Inovasi Sahabat Lapor. Layanan ini merupakan pemberdayaan masyarakat yang terdiri dari perwakilan unsur pemuda yang peduli terhadap pelayanan publik dan tersebar di 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa.

Baca Juga: Pemkab Gowa
"Tujuan dari inovasi ini adalah meningkatkan partisipasi masyarakat dan cakupan wilayah, dalam menyampaikan pengadaan melalui aplikasi SP4N-LAPOR sehingga dari pengaduan tersebut dapat dilakukan perbaikan pelayanan publik," jelasnya.

Ia berharap dengan adanya inovasi pengaduan tersebut, Pemerintah Kabupaten Gowa bisa masuk dalam Top 10 peserta terbaik pada kompetisi Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Ke-4 Tahun 2022.

Sementara itu, Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Kabupaten Gowa, Sujjadan mengatakan, jumlah pendaftar pada kompetisi ini sebanyak 759 peserta instansi pemerintah seluruh Indonesia. Setelah melalui Tahapan Evaluasi Dokumen, Pemerintah Kabupaten Gowa ditetapkan sebagai Top 51 peserta terbaik.

Baca Juga: Pemkab Gowa
Tahapan selanjutnya kata Sujjadan, Pemkab Gowa melakukan presentasi, wawancara dan observasi lapangan dibhadapan Tim Panel/Juri sebagai Kegiatan Evaluasi Lanjutan/Penjurian Kompetisi untuk menetapkan Top 10 Peserta Terbaik, salah satunya presentasi yang baru saja dilakukan oleh Bupati Gowa.
(luq)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1148 seconds (0.1#10.140)