Alhamdulillah, Kasus Covid-19 Tetap Terkendali Usai Libur Lebaran

Jum'at, 27 Mei 2022 - 12:32 WIB
loading...
Alhamdulillah, Kasus Covid-19 Tetap Terkendali Usai Libur Lebaran
Kasus Covid-19 di Tanah Air hingga saat ini tetap terkendali usai libur lebaran. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Juru Bicara Satgas Covid-19 Nasional, Prof Wiku Adisasmito mengungkapkan kasus Covid-19 di Tanah Air hingga saat ini tetap terkendali usai libur lebaran.

Kondisi itu berbeda dengan sebelumnya dimana libur panjang biasanya diikuti dengan peningkatan kasus positif Covid-19 yang signifikan. Pasalnya, selama libur panjang, aktivitas dan mobilitas masyarakat sangat tinggi.



"Data per 22 Mei menunjukkan bahwa kasus Covid-19 nasional masih tergolong terkendali pasca periode libur dengan tingkat aktivitas dan mobilitas masyarakat yang tinggi," ungkap Prof Wiku dalam konferensi pers virtual, Jumat (27/5/2022).

Tidak seperti masa liburan sebelumnya, pada masa seusai libur lebaran, kasus Covid-19 kali ini terkendali dengan baik.

"Tiga pekan lalu kasus Covid-19 bertambah 1.300 kasus, sedikit mengalami kenaikan menjadi 2.300 kasus di minggu berikutnya. Tapi, pekan lalu menurun menjadi 1.500 kasus. Kenaikan kasus ini tidak signifikan jika dibandingkan dengan periode libur panjang sebelumnya," jelas Prof. Wiku.

Capaian baik ini, menurut Prof Wiku, perlu dipertahankan mengingat Indonesia tak pernah luput dari kenaikan kasus pada periode libur panjang sebelumnya.



Prof Wiku mengingatkan kepada masyarakat agar terus menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat meskipun kasus Covid-19 terus terkendali.

Selain itu, kesadaran untuk dites pun tetap harus dilakukan, terlebih ketika Anda memiliki riwayat yang berisiko atau merasa bergejala.

Upaya lain yang tetap harus dilakukan adalah meningkatkan kesadaran untuk mengisolasi diri ketika teridentifikasi positif Covid-19. "Ini penting agar penyebaran virus di masyarakat semakin kecil," tutupnya.

(agn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2554 seconds (0.1#10.140)