Keren! Kunjungi Galeri NFT Pertama RI, Wamenparekraf Angela: NFT Jadi Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kreatif

Kamis, 26 Mei 2022 - 10:50 WIB
loading...
Keren! Kunjungi Galeri NFT Pertama RI, Wamenparekraf Angela: NFT Jadi Peluang Bagi Pengembangan Ekonomi Kreatif
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa perkembangan NFT menjadi peluang dan potensi yang besar bagi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Wakil Kepala Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf/Wakabaparekraf) Angela Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa perkembangan Non-Fungible Token (NFT) menjadi peluang dan potensi yang besar bagi pengembangan ekonomi kreatif Indonesia.

"Ini adalah sebuah peluang yang harus diperhatikan, walau masih banyak risiko dan hal yang harus diperhatikan, biarlah ini menjadi diskusi yang transparan," ujar Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo saat berkunjung ke Superlative Secret Society (Superlative SS) di Bali, yang merupakan galeri NFT pertama di Indonesia, Rabu (25/5/2022).



NFT sendiri adalah aset digital yang bisa digunakan sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto. Angela yang juga Wakil Ketua Umum Partai Perindo Bidang Ekonomi Digital & Kreatif ini menjelaskan bahwa NFT tidak bisa diduplikasi karena terdapat jejak aset digital yang melekat. Sehingga para pelaku ekonomi kreatif dapat terhindar dari potensi pembajakan.

"Jadi, ke depan produk pelaku ekonomi kreatif ini akan lebih rapi karena terdokumentasi, dan ada record-nya dari NFT. Ini keuntungan bagi pelaku ekraf seperti seniman akan lebih aman, tidak akan ada masalah dari segi copyright karena sistemnya sudah dicatat secara digital," kata Wamenparekraf.

Wamenparekraf pun mengapresiasi Superlative SS yang telah hadir untuk mengedukasi masyarakat melalui galeri NFT. Ia berharap Kemenparekraf bisa berkolaborasi dengan Superlative SS untuk mengembangkan ekonomi kreatif.

"Mungkin nantinya bisa dikolaborasikan event seperti The World Conference on Creative Economy, sehingga nanti delegasi bisa berkunjung ke galeri NFT ini," ujar Wamenparekraf.



Sementara itu, Manajer Galeri Superlative SS, Angjelia Dewi, menyampaikan bahwa galeri NFT ini dapat dikunjungi oleh wisatawan secara gratis. Dengan upaya itu, diharapkan agar edukasi mengenai NFT di Pulau Dewata terus terjaga.

"Ini semuanya free, dan itu diharapkan supaya edukasi NFT itu terus terjaga. Maka dari itu, kita kasih free," ujar Angjelia, di Galeri NFT Bali, Rabu (25/5/2022).

Turut mendampingi Wamenparekraf, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf Muhammad Neil El Himam dan Direktur Tata Kelola Destinasi, Kemenparekraf/Baparekraf, Indra Ni Tua.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)