Ini Jadwal Lengkap Makan Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi, Jangan Sampai Lewat

Kamis, 26 Mei 2022 - 08:38 WIB
loading...
Ini Jadwal Lengkap Makan Jamaah Haji Indonesia di Arab Saudi, Jangan Sampai Lewat
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat meninjau kesiapan layanan katering untuk jamaah haji Indonesia di Madinah. FOTO/DOK.KEMENAG
A A A
JAKARTA - Calon jamaah haji Indonesia diminta makan tepat waktu selama pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci. Pemerintah sudah menyiapkan layanan katering dengan cita rasa nusantara. Terlebih lagi, layanan makan ditambah dari dua kali menjadi tiga kali makan dalam sehari.

"Pada haji kali ini jamaah mendapatkan tiga kali makan, sebelumnya hanya dua kali sehari," kata Direktur Layanan Haji Luar Negeri Kementerian Agama Subhan Cholid saat diskusi dengan Media Center Haji (MCH) melalui daring, Jakarta, Kamis (26/5/2022).

Dalam data yang disajikan Subhan, terdapat waktu makan yang sudah ditetapkan, mulai makan pagi hingga malam. Berikut jadwal lengkapnya:



1. Makan pagi untuk jamaah haji Indonesia disediakan pukul 06.00 sampai 09.00 waktu Arab Saudi (WAS) dan paling lambat harus sudah dimakan pada pukul 11.00 WAS.

2. Makan siang disediakan pukul 12.00 sampai 15.00 WAS dan paling lambat harus sudah dikonsumsi pada pukul 17.00 WAS.

3. Makan malam disediakan dari pukul 18.00 sampai 21.00 WAS dan paling lambat harus sudah disantap pada pukul 23.00 WAS.

Subhan menjelaskan, makanan yang disediakan tiga kali sehari sebaiknya dikonsumsi sesuai waktu yang ditentukan untuk menghindari kemungkinan makanan menjadi basi atau tidak layak dikonsumsi lagi. "Jadi ada waktunya, kalau makan pagi jangan dimakan lewat dari waktu itu," katanya.

Baca juga: Cuaca Saudi Sedang Panas Tinggi, Jamaah Haji Diimbau Pintar Kelola Waktu dan Tubuh

Menurutnya, salah satu tantangan dalam menyediakan makanan bagi jamaah haji di Tanah Suci adalah membagikan makanan tiga kali sehari dalam waktu yang singkat.

Tahun ini pemerintah akan menyediakan aneka makanan bercita rasa nusantara untuk jamaah haji, termasuk rendang daging, semur ayam, tumis tempe balado, tongseng sapi, dan terong balado.

Pada musim haji 1443H/2022M, jamaah haji Indonesia akan mendapat 27 kali makan di Kota Madinah dan 75 kali makan di Kota Makkah. Khusus pada 5,6,7 Dzulhijjah atau tiga hari sebelum Arafah serta 14-15 Dzulhijjah atau dua hari setelah prosesi ibadah di Mina, jamaah haji akan mendapat konsumsi 10 kali berupa makanan siap saji.

Selain itu, jamaah akan mendapatkan layanan konsumsi satu kali di Bandara Jeddah saat kedatangan atau kepulangan serta 16 kali konsumsi, empat di antaranya berupa makanan siap saji, selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna).
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1030 seconds (0.1#10.140)