Dana ujian CPNS Solo Rp520 juta

Selasa, 03 September 2013 - 18:49 WIB
Dana ujian CPNS Solo Rp520 juta
Dana ujian CPNS Solo Rp520 juta
A A A
Sindonews.com - Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo, Jawa Tengah, menyiapkan dana sebesar Rp520,715 juta untuk merekrut tenaga pengajar dalam seleksi CPNS 2013.

Dana APBD ini dihitung dari perkiraan kebutuhan ujian bagi 1.000 pelamar.

Kepala BKD Solo Hari Prihanto mengatakan, dana tersebut teralokasi pada penggandaan soal ujian dan ongkos operasional seperti sewa tempat dan biaya pengawas.

Dalam rekrutmen kali ini dibutuhkan 35 tenaga pengajar dari pelamar umum dan pengangkatan PNS dari tenaga honorer. Jumlah pasti tenaga honorer yang akan diangkat PNS menunggu ketetapan dari Kementrian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan & RB).

“Anggaran itu diasumsikan untuk 1.000 pendaftar di jalur umum untuk memperebutkan 35 kursi, dan ujian bagi 840 honorer. Khusus untuk honorer, yang diangkat jadi PNS tergantung seleksi dari pusat,” terangnya, Selasa (03/09/2013).

Mengenai besaran dana rekrutmen, Hari mengasumsikannya dari prediksi tingginya minat melamar CPNS di Solo. Untuk diketahui, kabupaten lain di eks-Karisidenan Surakarta nihil merekrut pegawai negeri.

Sementara, informasi ihwal jadwal pendaftaran mulai 1-20 September belum bisa dijadikan pegangan rekrutmen. BKD masih menunggu konfirmasi dari Kemenpan sekaligus petunjuk teknis ihwal pendaftaran CPNS dari Pemprov Jateng.

“Informasi tentang hal ini terus di-update oleh BKD. Dalam lima hari ke depan, BKD akan dipanggil Pemprov untuk kepastiannya,” jelasnya.

Di sisi lain, pelaksanaan ujian seleksi CPNS tahun ini masih memakai lembar jawab komputer (LJK). Hari beralasan, Solo belum siap menerapkan computer assesment test (CAT) yang direkomendasi Kemenpan.

Menurutnya, sistem tersebut butuh persiapan matang seperti penyediaan sarana komputer dan operator. Meski begitu, Hari menjamin pemakaian sistem LJK memenuhi aspek transparansi.

Formasi tenaga pengajar CPNS Pemkot Solo 2013 dari pelamar umum

Guru kelas SD = 19

Guru SMK= 16

Total 35 PNS

Rincian Guru SMK

Guru Penjaskes 2 PNS

Guru Teknik Mesin 2 PNS

Guru Tata Boga 3 PNS

Guru Rekayasa Perangkat Lunak 3PNS

Guru Multimedia 4 PNS

Guru Teknik Komputer Jaringan 2 PNS

*Sumber=BKD Solo
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0416 seconds (0.1#10.140)