Aruna Hadiri Pra-KTT III Y20 Indonesia di Balikpapan Kalimantan Timur

Senin, 23 Mei 2022 - 13:57 WIB
loading...
Aruna Hadiri Pra-KTT III Y20 Indonesia di Balikpapan Kalimantan Timur
Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari pra KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) III Y20 Indonesia.(Ist)
A A A
BALIKPAPAN - Aruna, perusahaan perikanan terintegrasi asal Indonesia diundang untuk menjadi bagian dari pra KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) III Y20 Indonesia.

Diselenggarakan di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 21 dan 22 Mei 2022, acara ini mengusung berbagai tema terkait isu prioritas yang dinilai krusial dan relevan bagi masyarakat global . Salah satu di antaranya adalah "Planet yang Berkelanjutan dan Layak Huni".

Utari Octavianty, Co Founder dan Chief Sustainability Officer Aruna yang juga merupakan putri daerah Balikpapan, menyatakan wlayah tersebut akan segera menjadi salah satu penyokong utama dari Ibu Kota Negara, berbagai penghargaan nasional dan global telah banyak diperoleh oleh Balikpapan.

Hal ini menjadi bukti bahwa budaya bersih dan wawasan lingkungan telah menjadi bagian dan ciri dari masyarakat dan pemerintah setempat. Mereka begitu teguh memegang prinsip kelestarian lingkungan.

"Untuk itu, saya ucapkan terima kasih karena telah mengajak Aruna buat turut hadir pada acara ini. Kami pun menjadi kian bersemangat dalam menjaga komitmen kami untuk menggalakkan prinsip dan implementasi keberlanjutan, terutama pada ekosistem laut," katanya.

Head of Corporate Affairs Aruna, Ratih Triutami Wijayanti, pun turut hadir bersama Utari. Dirinya mengungkapkan, prinsip dan implementasi keberlanjutan sejatinya mampu membuka peluang investasi dan lapangan kerja, serta mendongkrak perekonomian nasional.

Maka dari itu, Aruna terus berupaya untuk menggaungkan fokus tersebut dengan mengedukasi Nelayan Aruna tentang penangkapan terukur, serta penangkapan yang berorientasi ekspor.

"Secara spesifik, dengan teknologi yang tengah Aruna kembangkan, Aruna digadang dapat meringkas mata rantai proses pasokan sambil mencatat transaksi harian guna mengoptimalkan data dan implementasi AI di masa depan. Hal ini sangat selaras dengan objektif dari acara Pra-KTT III Y20 Indonesia ini," sebut Ratih.

Adapun, pada setiap area prioritas yang telah ditentukan, dokumen white paper yang didukung oleh berbagai riset dan survei global pun dibuat.
Survei global ini bertujuan untuk mengumpulkan aspirasi dan pandangan dari masyarakat dan para pemuda di semua negara G20.

Baca: Pangdam V Brawijaya Nikahkan Putrinya, sang Menantu Perwira Baret Hijau.

Siti Nurbaya Bakar, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, menegaskan anak muda muda harus diberdayakan, dipertimbangkan, dan disertakan dalam pengambilan keputusan dan solusi terkait penciptaan planet yang aman, inklusif, berkelanjutan, dan layak huni bagi semua.

"Sebagai contoh, mereka memberikan ide untuk mengangkat potensi-potensi masyarakat Kalimantan Timur dengan menyediakan exhibition booth bagi para pelaku UMKM di Kalimantan Timur yang memegang konsep ramah lingkungan pada produk ciptaan mereka. Di Pra-KTT III Y20 Indonesia inilah implementasinya," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1545 seconds (0.1#10.140)