Demo OPM di Fakfak dibubarkan polisi

Selasa, 27 Agustus 2013 - 17:59 WIB
Demo OPM di Fakfak dibubarkan polisi
Demo OPM di Fakfak dibubarkan polisi
A A A
Sindonews.com - Aksi demo ratusan massa pendukung Papua merdeka yang mengatas namakan Gerakan Masyarakat Kaum Pribumi Papua, di depan kantor DPRD Fakfak, dibubarkan aparat polisi dari Polres Fakfak yang melakukan pengamanan.

Dalam aksinya, pendemo membawa spanduk dan pamplet yang bergambarkan bendera Bintang Kejora, serta diiringi dengan tarian timor dari sekretariat ke kantor DPRD. Para pendemo juga mengajak ibu–ibu, dan anak–anak.

Selain itu, mereka juga menggelar orasi politik secara bergantian. Orasi dimulai oleh Abel Hegemur, penanggung jawab yang juga mempunyai jabatan sebagai wakil gubernur Papua merdeka.

Pada awalnya, aksi massa berjalan dengan aman dan damai. Mereka diberikan izin oleh kepolisian sampai jam 12 siang. Aksi dimulai dari jam 10 pagi. Namun, sampai jam 2 siang, massa belum membubarkan diri.

Akhirnya, polisi yang dipimpin langsung Kapolres Fakfak AKBP Muhammad Yusuf membubarkan aksi yang sedang berjalan. Sebelum dibubarkan, polisi memanggil penggungjawab aksi ke dalam ruangan agar aksi segera dihentikan.

Namun, permintaan polisi tidak digubris. Alhasil, dengan dipimpin langsung oleh Kapolres, aksi para pendukung Organisasi Papua Merdeka (OPM) itu pun dibubarkan paksa.

Kendati sudah mengantongi izin, aksi ini mendapat pengawalan ketat petugas gabungan dari Polres Fakfak dan intel TNI Kodim 1706 Fakfak.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4750 seconds (0.1#10.140)