Gus Yahya Sambangi Pesantren Nurul Jadid dan Gengong, Ceritakan Rencana Muktamar Fiqih Peradaban

Kamis, 19 Mei 2022 - 20:16 WIB
loading...
Gus Yahya Sambangi Pesantren Nurul Jadid dan Gengong, Ceritakan Rencana Muktamar Fiqih Peradaban
Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) mengunjuni Pesantren Nurul Jadid dan Zainul Hasan Genggong di Probolinggo, Jawa Timur. Foto/Ist
A A A
PROBOLINGGO - Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf (Gus Yahya) datang ke kediaman Pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid, Paiton, Probolinggo, Jawa Timur, KH M Zuhri Zaini, Kamis (19/5/2022). Kedatangan Gus Yahya didampingi Sekjen PBNU Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Ketua PBNU Amin Said Husni.

“Saya mengenang dulu pernah di pesantren ini meski singkat hanya dua minggu,” kata Gus Yahya di hadapan KH Zuhri Zaini.

Baca juga: Gus Yahya: NU Lahir sebagai Mandat Peradaban Indonesia

Saat itu, pada tahun 1987, Gus Yahya sempat dikirim untuk mengikuti pelatihan manajemen pesantren yang digelar di Pesantren Nurul Jadid.

Dalam kesempatan ini, Gus Yahya juga menceritakan adanya beberapa pesantren meskipun tradisional namun digunakan untuk jangkar hubungan International.

“Pesantren Nurul Jadid ini bagian dari pilar tradisional Gus Dur untuk urusan International. Ada beberapa pesantren yang sering digunakan di antaranya Paiton dan Pati,” kata Gus Yahya.



Menurut Gus Yahya, jaringan International Gus Dur itulah yang kini bisa dinikmati NU. Gus Dur, terus membangun jaringan International bahkan hingga Gus Dur tidak lagi menjadi Presiden.

“Gus Dur itu membangun jaringan International hingga tahun 2008, baru dilanjutkan Paklek Mus (Gus Mus) dan mulai 2011 saya ikut dan keterusan sampai sekarang,” kata Gus Yahya.

Baca juga: Gus Yahya, Mantan Aktivis HMI yang Menakhodai PBNU
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.0933 seconds (10.55#12.26)