Kongres XVI Pemuda/KNPI, Gubernur Malut Tekankan Pentingnya Nilai Kepemimpinan

Kamis, 19 Mei 2022 - 14:02 WIB
loading...
Kongres XVI Pemuda/KNPI, Gubernur Malut Tekankan Pentingnya Nilai Kepemimpinan
Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Waaster Kasad Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto menjadi narasumber Dialog Kebangsaan di Kongres Pemuda/KNPI di Ternate, Kamis (19/5/2022). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Hari ke-4 penyelenggaraan Kongres XVI Pemuda/ KNPI di Ternate, Maluku Utara menghadirkan rangkaian Dialog Kebangsaan dalam meneguhkan nilai-nilai kebangsaan pemuda Indonesia, di Ballroom Hotel Royal, Kamis (19/5/2022). Pada acara ini hadir sebagai narasumber, Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba dan Waaster Kasad Brigjen TNI Mateus Jangkung Widyanto.

Dalam acara itu, Abdul Gani Kasuba menekankan pentingnya nilai sebagai pemimpin yang melayani. "Jika tidak bisa berkeliling ke setiap wilayah untuk bertemu rakyat, maka layani setiap rakyat yang berkunjung ke kantor gubernur. Jika kepala dinas tidak melayani rakyat, maka sama saja kepala dinas mengolok gubernur yang dipilih rakyat," kata Abdul Gani Kasuba dalam ceramahnya dihadapan ratusan peserta kongres.

Abdul Gani Kasuba melanjutkan paparanya dengan cerita perbedaan sebagai pendakwah dan kepala daerah. "Di saat saya menjadi ustaz, maka saya hanya fokus dakwah agama Islam sebagai agama saya, tetapi pada saat saya menjadi gubernur, semua agama adalah rakyat saya," katanya.

Baca juga: Haris Pertama Didukung 34 DPD KNPI Provinsi, Kongres Malut Hadirkan Calon Tunggal

Sementara Brigjen TNI Mateus Jangkung menekankan pentingnya pemuda agar peduli dan cinta kepada Tanah Air dan peka terhadap situasi lingkungan di sekitar. "Kalau kita sudah jadi bagian dari NKRI ayo kita bersama, mengelola bangsa ini, bersama KNPI saya yakini menuju NKRI yang damai dan sejahtera," kata alumnus Akademi Militer (Akmil) 1989 ini.

Mateus Jangkung menekankan pentingnya pemuda memiliki kepekaan terhadap lingkungan. "Laut yang begitu luas menjadi sarana bagi kejahatan untuk mencuri, di sinilah peran penting pemuda sebagai bagian masyarakat. Respons dan tindak aksi pencurian tersebut dengan melaporkan kepada aparat terdekat untuk mengatasi masalah tersebut," katanya.

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama yang mendampingi acara dialog kebangsaan mengapresiasi narasumber yang hadir dalam rangkaian Kongres XVI Pemuda/KNPI di Ternate. "Gubernur Maluku Utara dan Waaster Kasad sudah berikan wejangan kepada kita para pemuda, mari kita tingkatkan semangat persatuan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara dengan proaktif berbuat yang terbaik untuk rakyat," kata Haris yang didukung 34 DPD KNPI Provinsi dan mayoritas OKP dalam perhelatan Kongres di Ternate.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)