Demonstran Aceh minta SBY tarik Dubes RI di Mesir

Jum'at, 16 Agustus 2013 - 15:00 WIB
Demonstran Aceh minta SBY tarik Dubes RI di Mesir
Demonstran Aceh minta SBY tarik Dubes RI di Mesir
A A A
Sindonews.com - Ratusan masyarakat Aceh dari berbagai elemen menunutut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) agar menarik Duta Besar Indonesia di Mesir. Desakan itu menyusul konflik politik yang terjadi di negeri itu.

Tidak hanya itu, mereka juga menuntut pemerintah Indonesia agar ikut mendesak Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) dan pemimpin dunia untuk segera mengambil tindakan tegas terhadap aksi militer Mesir.

"SBY sebagai pemimpin negara mayoritas Muslim tidak boleh diam, harus segera melakukan aksi nyata," kata Koordinator Aksi Ibnu Saadan, dalam orasinya, Jumat (16/8/2013).

Waga yang menamakan dirinya Aliansi Masyarakat Aceh Peduli Mesir (AMApeM) ini juga mengutuk keras pembantaian yang dilakukan militer Mesir terhadap para demonstran.

Sedikitnya, ada 27 lembaga Islam yang tergabung dalam unjukrasa ini. Mereka menilai, pemimpin militer Mesir harus bertanggungjawab. "Militer Mesir telah melakukan tindakan keji, ini jelas pelanggaran HAM berat," tegasnya.

Unjuk rasa digelar di pelataran Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Dalam aksinya, demonstran mengusung sejumlah spanduk yang berisi kecaman terhadap militer Mesir. Mereka juga mengkritik SBY lewat poster bertuliskan, "SBY Jangan Main Twitter Saja".
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6429 seconds (0.1#10.140)