Antisipasi PMK, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban

Selasa, 17 Mei 2022 - 16:14 WIB
loading...
Antisipasi PMK, Pemkot Bandung Ajukan Vaksinasi Hewan Kurban
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung tengah mengajukan vaksinasi hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha. Foto: Dok/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung merespons cepat mewabahnya penyakit mulut dan kuku ( PMK ) yang menyerang hewan ternak di beberapa daerah.

Salah satunya dengan mengajukan vaksinasi hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha. Meski begitu, di Kota Bandung belum ditemukan kasus Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).



"Sebentar lagi kan Idul Adha ya. Kita lagi berupaya untuk mengajukan vaksin hewan ke pemerintah pusat. Terlebih, kita tidak punya peternakan sendiri. Jadi, memang agak sulit untuk menutup jalur pengiriman dari luar kota," ungkap Wali Kota Bandung Yana Mulyana .



Untuk kebutuhan jumlah vaksinasi hewan berkuku belah, terutama yang akan dijadikan sebagai kurban, Yana menambahkan, kebutuhan vaksin hewan di Kota Bandung tergolong tinggi.

"Sapi saja dipotong 75 ekor per hari di rumah potong hewan. Kambing dan domba juga perlu kita vaksin. Ya, termasuk banyak jumlah yang dibutuhkan untuk vaksin hewan ini," ujarnya.



Yana berharap, melalui vaksinasi hewan bisa mengantisipasi penularan penyakit pada hewan potong kurban.

"Mudah-mudahan kita bisa antisipasi, meskipun secara teori tidak menular ke manusia, tapi kalau virusnya menempel ke manusia, bisa transmisi ke binatang lain," pungkasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1695 seconds (0.1#10.140)