Sejumlah Kecelakaan Maut di Tol Sumo, Pakar Spiritual Sebut Ada Gangguan Makhluk Gaib

Senin, 16 Mei 2022 - 20:35 WIB
loading...
Sejumlah Kecelakaan Maut di Tol Sumo, Pakar Spiritual Sebut Ada Gangguan Makhluk Gaib
Penampakan tiang di bahu jalan Tol Sumo yang rusak setelah ditabrak bus pariwisata Ardiansyah dan menewaskan 15 penumpang.Foto/dok
A A A
MOJOKERTO - Ruas Jalan Tol Surabaya - Mojokerto (Sumo) kembali memakan korban jiwa. Kali ini sebuah bus pariwisata berpenumpang 33 orang mengalami kecelakaan maut di ruas tol yang menjadi bagian Tol Transjawa.

Kecelakaan bus pariwisata PO Ardiansyah di KM 712 +400 menambah panjang daftar panjang kecelakaan di Tol Sumo tersebut. Beberapa waktu lalu kecelakaan serupa di Tol Sumo, tepatnya masuk di wilayah Kabupaten Jombang menewaskan artis Vanessa Angel dan suaminya.

Baca juga: Total Ada 33 Orang di Dalam Bus Maut yang Kecelakaan di Tol Sumo

Sebelumnya di tahun 2018 mobil yang dinaiki AKBP Tofik Sukendar yang masih menjabat Kapolres Tulungagung menabrak sebuah truk saat menyalip dari sisi kanan, tepatnya di KM 716+600 jalur B di Desa Sidorejo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto. Kecelakaan ini membuat mobil Toyota Land Cruiser Nopol AG 908 RS rusak parah.

Kecelakaan yang terjadi pada Kamis 27 September 2018 juga membuat istri AKBP Tofik Sukendar dan ajudannya bernama Bripda Lutfi tewas seketika di lokasi. Sementara Tofik mengalami luka parah hingga dilarikan ke rumah sakit.

Penemuan sebuah sosok potongan kaki di Jalan Tol Sumo juga sempat menggegerkan warga. Penemuan kaki ini terjadi di tol Jombang Mojokerto KM 674 +400 tepatnya di Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Kabupaten Jombang.

Penemuan potongan kaki itu terjadi pada 17 Juni 2019, dimana potongan kaki ini merupakan korban kecelakaan bernama Roji Nianto (32), warga Desa Sendang, Kecamatan Babadan, Kabupaten Ponorogo,

Kecelakaan serupa juga pernah terjadi di ruas Jalan Tol Surabaya - Mojokerto yang melibatkan bus AKAP PO Kramat Djati pada Rabu dini hari 27 November 2019. Kecelakaan terjadi di KM 718.600 Jalur A tepatnya masuk Desa Kepuhklagen, Kecamatan Wringinanom, Kabupaten Gresik.

Akibat kecelakaan ini tiga orang penumpang dinyatakan tewas seketika di lokasi akibat bus terjun ke luar tol setelah sebelumnya sempat menghantam pembatas jalan. Polisi sendiri menetapkan sopir bus maut ini sebagai tersangka karena mengemudi dalam keadaan mengantuk.



Terakhir kecelakaan maut menimpa artis Vanessa Angel di ruas tol Sumo jalur A KM 672.300, pada Kamis siang 4 November 2021 sekitar pukul 12.36 WIB. Mobil Pajero sport dengan nopol B 1264 BU yang dikemudikan sang sopir menabrak pembatas jalan sebelah kiri tol.

Selain faktor kelelahan dan hilang fokus karena kontur jalan yang datar dan mulus, konon di sekitar lokasi juga kerap dikaitkan dengan adanya makhluk astral. Makhluk astral perempuan berbaju putih ini kerap melintas dan tiba - tiba menyeberang jalan, terutama pada malam hari.

Sebagaimana pengalaman yang pernah dialami saat menaiki bus malam, pada Agustus 2020 lalu tampak secara tak kasat mata perempuan berbaju putih berdiri di sisi kiri ruas Jalan Tol Mojokerto Surabaya. Sosok itu terkadang tak jarang membuat pengendara hilang konsentrasi secara tiba-tiba.

Hal ini diakui Pakar Spiritual Muhammad Andi, saat dikonfirmasi MNC Portal. Andi mengakui ada tarikan energi di beberapa titik di ruas Jalan Tol Surabaya - Mojokerto mulai dari ruas Jombang hingga memasuki Kabupaten Sidoarjo.

"Ada makhluk tak kasat mata yang terkadang mengganggu pengendara jalan. Residu energi korban kecelakaan sebelumnya iya, yang penunggu (sekitar lokasi jalan tol) iya," ucap Andi, pada Senin petang (16/5/2022).

Meski demikian, Andi menyebut ada faktor kelelahan berkendara di jalan tol. Apalagi kontur jalan tol yang lurus dan mulus membuat pengemudi terkadang mengantuk dan lengah sedikit, sehingga mengakibatkan kecelakaan.

"Kalau pengemudinya fit dan fokus biasanya gangguan kayak gitu bisa dihindari. Kalau sudah lelah, capek, ada gangguan faktor x, bisa terjadi (kecelakaan)," tuturnya.

Maka untuk menghindari kecelakaan secara logika normal istirahat menjadi hal lumrah yang dilakukan. Selain itu, untuk faktor spritual atau nonteknis berdoa hingga membunyikan klakson sering dilakukan.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1954 seconds (0.1#10.140)