Telusuri penggunaan narkoba, BNN tes urine sopir Malang

Jum'at, 02 Agustus 2013 - 14:01 WIB
Telusuri penggunaan narkoba, BNN tes urine sopir Malang
Telusuri penggunaan narkoba, BNN tes urine sopir Malang
A A A
Sindonews.com - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang, melakukan tes urine di Terminal Arjosari, Kota Malang, Jumat (2/8/2013).

Tes urine ini dilakukan untuk mengetahui kondisi kesehatan sopir dalam mengemudi pada saat angkutan Lebaran tahun ini dalam kondisi sehat atau tidak.

"Juga untuk mengetahui sopir menggunakan narkoba atau tidak," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Malang, AKBP Hennry Budiman.

Menurutnya, tes urine ini juga ditujukan untuk meminimalisir kecelakaan selama arus mudik dan balik Lebaran.Tes yang diselenggarakan dengan Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan Kota Malang dan Polres Malang Kota ini juga untuk mengetahui kesiapan para sopir dalam mengemudi saat Lebaran.

Hennry Budiman manambahkan, penggunaan narkoba oleh sopir sangat membahayakan keselamatan penumpang karena berpengaruh terhadap konsentrasi sopir dan kondisi kesehatan para sopir. "Ini salah satu pencegahan awal untuk meminimalisir kecelakaan," ujarnya.

Ia menegaskan, jika ada pengemudi yang ketahuan mengonsumsi narkoba atau miras, maka pihaknya akan meneyerahkan ke Dinas Perhubungan untuk menentukan diperbolehkan mengemudi atau tidak.

Selain menggelar tes urine, personel Dishub dan Polres Malang Kota juga mengecek kelayakan angkutan umum yang digunakan untuk mengangkut arus mudik dan balik. Pengecekan meliputi kondisi ban, rem, serta pemeriksaan kelengkapan surat-surat kendaraan.
(rsa)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5649 seconds (0.1#10.140)