Bank darah tak memadai, 3 ibu hamil meninggal dunia

Senin, 15 Juli 2013 - 16:26 WIB
Bank darah tak memadai, 3 ibu hamil meninggal dunia
Bank darah tak memadai, 3 ibu hamil meninggal dunia
A A A
Sindonews.com - Kapasitas ketersediaan darah pada Bank Darah rumah sakit di Timor Tengah Timur Utara (TTU) Nusa Tenggara Timur (NTT) kurang memadai. Akibatnya, kasus ibu hamil yang meninggal dunia saat melahirkan kerap terjadi.

Awal tahun ini, setidaknya ada tiga ibu hamil meninggal dunia karena kekurangan darah saat melahirkan sedang rumah sakit seperti RSUD TTU tidak memiliki ketersediaan darah yang cukup.

"Bank darah yang tersedia di Rumah Sakit Umum Kefamenanu hanya bisa menampung 20 bag saja, jadi memang tidak bisa mencukupi," terang Direktur Rumah Sakit Umum Daerah di Kefamenanu dr Derry Fernandes, Senin (15/07/2013).

Derry meyakinkan Bank darah menampung 100 hingga 200 bag maka bisa dipastikan tidak akan terjadi kehabisan darah seperti misalnya ibu melahirkan yang membutuhkan.

Sementara itu terkait kekurangan kapasitas bank darah, pihak RSUD telah mengusulkan kepada pemerintah pusat sejak awal tahun ini untuk pengadaan bank darah.

"Kita sudah dapat persetujuan bantuan dana dari Kementerian Kesehatan sebesar Rp10 miliar, untuk peningkatan status menjadi type C, termasuk diantaranya membeli bank darah dalam kapasitas besar," ugkap Derry.
(lns)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5824 seconds (0.1#10.140)