Satu Data dan PaDi UMKM, Bentuk Komitmen Telkom Percepat Digitalisasi

Senin, 25 April 2022 - 23:04 WIB
loading...
Satu Data dan PaDi UMKM, Bentuk Komitmen Telkom Percepat Digitalisasi
Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki (kedua kiri) memaparkan soal Satu Data dan PaDi UMKM. Foto/Marhawanti Sehe
A A A
MAKASSAR - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk ( Telkom ) berkomitmen untuk mempercepat digitalisasi di Tanah Air, mulai dari penyediaan konektivitas, platform hingga layanan digital.

Tidak ketinggalan, Telkom juga menawarkan solusi dan layanan untuk mendukung program pemerintah daerah dalam memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Baca Juga: Wifi Corner Telkom Kembali Beroperasi Usai Vakum 2 Tahun Akibat Pandemi

Executive Vice President Telkom Regional 7, Agus Yudha Basuki menyampaikan potensi pemanfaatan solusi digital Telkom oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Kawasan Timur Indonesia (KTI), yaitu Satu Data Indonesia dan Pasar Digital (PaDi) UMKM.

“Saat ini, Telkom terus mengakselerasi transformasi digital yang tengah dilakukan. Kehadiran beragam solusi dan layanan digital milik Telkom merupakan wujud komitmen perusahaan untuk mendukung Pemerintah dalam mempercepat digitalisasi ekosistem dan masyarakat di KTI,” ujar Agus Yudha, Senin (25/4/2022).

Untuk mendukung dalam pengelolaan data yang terintegrasi, Telkom menyediakan digitalisasi Satu Data melalui BigBox, platform full stack big data untuk korporasi dan pemerintah.

Platform BigBox dilengkapi dengan kemampuan untuk menjadi repository yang mendukung pengolahan data yang terstandarisasi dalam memberikan dukungan, khususnya program Satu Data Indonesia.

Menurut Agus Yudha, hal itu memungkinkan pemerintah untuk menyatukan data yang tersebar dalam Satu Manajemen Data, serta pengambilan dan pengelolaan data ekternal untuk memperkaya data internal.

“Digitalisasi Satu Data merupakan upaya Telkom untuk menjawab tantangan dan kebutuhan yang ada. Peranan BigBox dalam mengelola dan mengartikan data merupakan kunci penting yang dapat dioptimalkan sebagai competitive advantages bagi instansi maupun korporasi,” tambah Agus Yudha.

Khusus di Sulsel, Telkom telah menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bulukumba untuk pemanfaatan BigBox dalam mewujudkan Satu Data. Ke depan, Telkom juga sedang menjajaki kerjasama dengan Pemkab Gowa dan Pangkep.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2391 seconds (11.252#12.26)