alexametrics

Protes jalan rusak, warga Blitar lakukan blokade

loading...
Protes jalan rusak, warga Blitar lakukan blokade
Ilustrasi, blokade warga. (Foto: Hengky Chandra Agoes/Koran Sindo)
A+ A-
Sindonews.com - Warga Desa Pikatan, Kecamatan Wonodadi, Kabupaten Blitar memblokade jalan raya dengan ban bekas dan gedebong pisang. Warga marah dengan kerusakan jalan raya yang tidak segera diperbaiki pemerintah daerah.

"Korbannya sudah banyak. Hampir setiap hari selalu ada korban yang jatuh terperosok jalan berlubang," ujar Khoiri (45) salah seorang warga kepada SINDO, Kamis (13/6/2013).

Warga menuding, banyaknya truk dengan muatan tonase melebihi beban jalan membuat kondisi jalan selalu rusak.



"Setiap hari melintas truk dengan beban angkut diatas 12 ton. Mulai muatan semen dengan tujuan Tulungagung, pakan ternak, dan pasir. Rata-rata 50 sampai 100 truk per harinya," terang Khoiri.

Selain membiarkan potongan pisang dan ban bekas berserakan, warga juga sengaja mencangkuli aspal yang telah rusak. Akibatnya, lalu lintas jalan alternatif Blitar-Tulungagung dan Kediri itu macet.

Aksi protes warga ini didukung oleh perangkat dan Badan Perwakilan Desa (BPD) setempat. Menurut Iwan Gunadi (40) anggota BPD, aksi blokade akan terus berlanjut, sampai tuntutan warga terpenuhi.

Iwan juga mempertanyakan kebijakan pemerintah yang mengizinkan truk pengangkut dengan beban tonase tinggi melintas disana.

"Status jalan ini golongan III C. Harusnya tidak boleh truk dengan tonase diatas 12 ton melintas disini. Tapi faktanya, pemerintah mendiamkan saja. Ada apa ini, "protesnya.

Selain Pikatan, kerusakan jalan juga melanda empat desa lain yang berada pada satu jurusan. Yakni Desa Togogan, Desa Kolomayan, Desa Wonodadi dan Desa Kaliboto.

Jika memang protes hari ini tidak diperhatikan, warga di lima desa itu akan melakukan aksi blokades jalan secara serentak.

"Kami sudah berkoordinasi dengan masing-masing perwakilan desa. Semuanya menyatakan siap sedia turun ke jalan, "ancamnya.

Sekedar diketahui, di Kecamatan Wonodadi terdapat enam anggota legislatif Kabupaten Blitar. Selain Partai Amanat Nasional, wakil rakyat yang berangkat dari daerah pemilihan satu itu juga ada dari PDI Perjuangan dan Partai Demokrat.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak