Golput Lahat capai 30 persen

Senin, 10 Juni 2013 - 16:16 WIB
Golput Lahat capai 30 persen
Golput Lahat capai 30 persen
A A A
Sindonews.com - Tingkat partisipasi warga Lahat yang menggunakan haknya dalam Pilkada Cabup-Cawabup Lahat dan Cagub-Cawagub Sumsel, hanya mencapai 70 persen. Jumlah ini dipastikan tidak sesuai dengan target yang dipatok Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lahat yakni 80 persen.

Ketua KPU Lahat, Darsi Elyanto mengakui jika capaian itu terjadi karena masyarakat memutuskan untuk tidak memilih salah satu calon (golput) dan banyaknya surat suara yang rusak akibat salah dalam proses pencoblosan 6 Juni lalu.

"Target kita 80 persen hanya tercapai 70 persen. Golput dan suara tidak sah diperkirakan 30 persen," ujar Darsi disela sela pemusnahan surat suara yang tidak sah dan tidak standar saat penyortiran di Kantor KPU Lahat, Senin (10/6/2013).

Untuk proses pemusnahan surat suara, setidaknya 754 lembar surat suara yang dinyatakan rusak pada saat penyortiran dibakar dihadapan Panwaslu, Kejari Lahat, Polres Lahat, Kodim O405, serta saksi utusan kandidat pasangan cabup-cawabup Lahat.

"Ini hasil penyortiran kita, diantaranya terjadi kerusakan tinta, warna, ada yang bolong. Kita tidak ingin hal ini menimbulkan polemik dikemudian hari. Sedangkan surat suara pilgub Sumsel, kita serahkan ke KPU provinsi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kabupaten Lahat Delly Kurniadi Lani menyatakan, sebelum melakukan pemusnahan pihaknya melihat dari dekat kondisi sebenarnya surat suara dan penjelasan dari KPU.

“Kita tentunya telah melihat dari dekat, kondisi surat suara yang rusak tersebut, dan memang semuanya tidak dapat digunakan, baik dari pewarnaan, tinta bahkan cetakan dari kandidat,” katanya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5728 seconds (0.1#10.140)