Mudah Ngantuk Saat Berpuasa? Ini 4 Tips Ampuh Mengatasinya

Senin, 18 April 2022 - 13:12 WIB
loading...
Mudah Ngantuk Saat Berpuasa? Ini 4 Tips Ampuh Mengatasinya
Foto/Ilustrasi/Shutterstock
A A A
MAKASSAR - Selama bulan suci Ramadhan , umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa selama sebulan sebagai praktik ketaatan beragama. Karena puasa di bulan Ramadhan adalah wajib bagi setiap Muslim, banyak yang harus menjalankan ibadah puasa di tempat kerja.

Meski menahan diri untuk tidak makan dan minum di siang hari merupakan tantangan tersendiri, namun kendala terbesar yang dialami kebanyakan orang saat berpuasa adalah rasa kantuk yang sering datang saat bekerja.

Kadar gula darah akan menurun saat berpuasa, sehingga membuat tubuh lemas dan otak sulit berkonsentrasi. Tak heran, hal itu menyebabkan kantuk yang bisa memengaruhi produktivitas Anda, terutama pada jam-jam tertentu yang rentan terhadap serangan tidur seperti itu sekitar pukul 2 hingga 5 sore.



Berikut ini 4 tips mengatasi rasa kantuk di kantor saat berpuasa.

1. Tidur yang berkualitas di malam hari

Saat berpuasa, akan terjadi perubahan pola tidur karena harus bangun sebelum subuh untuk makan sahur. Inilah sebabnya mengapa orang sering merasa mengantuk di siang hari. Untuk mencegahnya, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari.

Jika tidak ada keperluan mendesak, hindari tidur larut malam dan tidur lebih cepat dari biasanya. Pastikan Anda memiliki tidur yang berkualitas sehingga Anda akan tetap segar saat bangun di pagi hari.

2. Tidur siang kilat

Karena Anda tidak perlu menggunakan waktu istirahat untuk makan siang, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk tidur siang kilat. Jika memungkinkan, Anda dapat mengatur alarm Anda selama sekitar 5-20 menit untuk tidur. Anda akan bangun dengan pikiran yang segar dan lebih produktif dalam menyelesaikan tugas Anda setelahnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)