GI 150 kV Tanete Siap Perkuat Sistem Kelistrikan Wisata Tanjung Bira

Jum'at, 15 April 2022 - 19:04 WIB
loading...
GI 150 kV Tanete Siap Perkuat Sistem Kelistrikan Wisata Tanjung Bira
Gardu Induk (GI) 150 kV Tanete (New) kini telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Gardu Induk (GI) 150 kV Tanete (New) kini telah mengantongi Sertifikat Laik Operasi (SLO) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sebelumnya, PLN telah sukses melaksanakan pemberian tegangan pertama (energize) pada infrastruktur ketenagalistrikan itu pada akhir bulan Januari 2022 lalu.

GI 150 kV Tanete difungsikan untuk meningkatkan keandalan dan mendorong investasi di Sulawesi Selatan (Sulsel) khususnya sektor wisata di Kabupaten Bulukumba.

Setelah energize, GI 150 kV Tanete ini harus melalui beberapa tahapan pengujian sistem, salah satunya pengujian pemberian tegangan selama 1 x 24 jam dan dilanjutkan dengan percobaan pembebanan serta melengkapi persyaratan administrasi untuk didaftarkan ke Kementerian ESDM .



Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sulsel, Rahmat Nichol Fauzen menyampaikan bahwa SLO Gardu Induk yang memiliki kapasitas 30 MVA ini terbit pada tanggal 24 Februari 2022.

Hal ini menandakan bahwa pemerintah telah memberikan izin penuh kepada PLN untuk melakukan pengoperasian GI guna melayani seluruh pelanggan.

"GI yang dibangun pada tahun 2019 dan sempat terkendala karena pandemi ini, kini akan memberikan peningkatan keandalan bagi lebih dari 44 ribu pelanggan di 4 Unit Layanan Pelanggan (ULP) yaitu ULP Tanete, ULP Sinjai, ULP Kalumpang dan ULP Panrita Lopi," tutur Nichol.

GI yang terletak di Dusun Buhung Pute, Desa Bulo-bulo, Kecamatan Bulukumba ini masuk ke dalam wilayah kerja Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Bulukumba.

Leandra Agung Tri Radi Putra selaku manager menjelaskan dengan beroperasinya GI Tanete ini akan memberikan potensi penghematan sebesar Rp4 miliar per tahun karena menurunkan susut sebesar 4,2 Juta kWh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2846 seconds (0.1#10.140)