alexa snippet

Antisipasi rusuh, polisi dibolehkan tembak perusuh

Antisipasi rusuh, polisi dibolehkan tembak perusuh
Ilustrasi (istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Untuk mengantisipasi kerusuhan ulang paska putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pilkada Kota Palopo, Brimob Kota Palopo melakukan latihan menembak tepat. Langkah tegas ini terpaksa dilakukan karena Pilkada Kota Palopo sempat rusuh dan mebuat sejumlah gedung pemerintahan terbakar.

Antisipasi kerusuhan jilid dua di Kota Palopo, personel Brimob melakukan simulasi pelerai massa. Dalam kegiatan ini personel Brimob melakukan penembakan kearah massa dengan menggunakan peluru tajam.

"Simulasi ini untuk pengamanan Kota Palopo jelang putusan MK pada Minggu 29 April 2013 mendatang," kata Kapolresta Palopo, AKBP Endang Rasidin di kantor Wali Kota Palopo, Rabu (24/4/2013).

Ia menegaskan, pasukan Brimob akan dijadikan pasukan terdepan untuk mengamankan Kota Palopo yang diprediksi akan bergejolak paska pembacaan putusan MK. Personel Brimob ini dilatih menembak jitu tepat kesasaran untuk melumpuhkan para perusuh.

Pelatihan ini digelar dalam bentuk simulasi pengurai massa yang dilakukan di depan Kantor Wali Kota Palopo yang sudah terbakar saat rusuh 31 Maret 2013 lalu.

Dalam simulasi yang dilakukan dalam dua bentuk formasi ini, personel Brimob dilengkapi dengan senjata api laras panjang dan sebuah mobil Barracuda. Disesi pertama pasukan Brimob diarahkan menembak titik bidik yang sudah dipasang melintang di Jalan Poros Sudirman Palopo.

Diadegang kedua, pasukan Dalmas yang mengendarai kedaraan roda dua melakukan tindakan yang sama membidik dan menembaki sasaran bagi pelaku rusuh. Protap ini yang akan dijalankan Polres Kota Palopo setelah lahirnya putusan MK nanti.

Sementara di MK pengadilan masih menyidangkan sengketa Pilkada Kota Palopo yang di gugat pasangan Haidir Basir-Thamrin Jufri terhadap kemenangan Judas Amir-Akhmad Syarifuddin.

Sejauh ini sekira 1.000 personel keamanan sudah disiagakan di Kota Palopo untuk mengamankan pelantikan wali kota Palopo.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top