Tingkatkan Peran Perempuan, Indonesia Dorong 3 Isu Prioritas di G20 Empower

Selasa, 12 April 2022 - 00:03 WIB
loading...
Tingkatkan Peran Perempuan, Indonesia Dorong 3 Isu Prioritas di G20 Empower
Untuk memastikan terpenuhinya indikator dalam mendukung pemberdayaan perempuan di sektor swasta dan publik, Indonesia siap mendorong tiga isu utama di Group of Twenty (G20) Empower 2022. Foto ist
A A A
JAKARTA - Untuk memastikan terpenuhinya indikator dalam mendukung pemberdayaan perempuan di sektor swasta dan publik, Indonesia siap mendorong tiga isu utama di Group of Twenty (G20) Empower 2022.

Yessie D. Yosetya selaku Chairwoman G20 Empower mengatakan, pihaknya akan mendorong tiga isu prioritas di presidensi Indonesia untuk G20 Empower. Pertama, meningkatkan akuntabilitas perusahaan dalam pencapaian key performance indicator (KPI) untuk meningkatkan peran perempuan.



"Kenapa kita memperhatikan sektor ini? Karena, pada presidensi yang lalu, pada saat G20 Empower di Itali, itu sudah membuat fondasi terkait dengan KPI perusahaan," jelasnya Yessie dalam diskusi daring bertema 'Perempuan Berdaya, Bangsa Berjaya' yang digelar Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Senin, (11/4/2022).

Yessie mengatakan Indonesia akan mendesak masing-masing korporasimengevaluasi keterlibatan kepemimpinan perempuan dalam perusahaannya. "Kemudian juga salary gap yang harus diadress. Jadi, itu adalah terkait KPI perusahaan," pungkasnya.

Di presidensi Indonesia ini, lanjut Yessie, Indonesia akan memonitor. Salah satu output G20 Empower, tambah Yessie, Indonesia sudah memiliki dashboard untuk melihat kemajuan masing-masing negara anggota G20 terkait isu ini. "Jadi mereka sudah sampai di mana terkait dengan KPI yang sudah kita janjikan
bersama," ujarnya.

Isu kedua, Indonesia juga akan menyoroti terkait Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Menurutnya Yessie, selama G20 Empower berdiri, masalah seputar UMKM belum disorot."Jadi ini adalah tahun ketiga kita ada di G20 empower. Dan selama tiga tahun ini, yang difokuskan baru di privat sector, belum UMKM," tandas Yessie.

Sehingga di bawah Presidensi G20, Indonesia akan fokus menyoroti bagaimana private sector atau sektor swasta berkontribusi meningkatkan UMKM.

Selanjutnya, isu prioritas ketiga yang akan disorot Indonesia di G20 Empower adalah memastikan adanya digital skill. "Karena kita yakin bahwa pemimpin perempuan masa depan mungkin akan punya skil-skill yang sangat berbeda dari yang mereka punya per hari ini."

Ditanya soal perasaannya menjadi Chairwoman G29 Empower, Yessiemengatakan ini adalah momen untuk mengembalikan kepercayaan yangdiberikan negara.

"Ini adalah waktunya kita mengembalikan apa yang negara berikan pada kita. Jadi ini adalah sebuah kehormatan bisa menjalankan G20 Empower ini bersama-sama dengan tim," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2154 seconds (0.1#10.140)