Amphuri Sambut Baik Kuota 1 Juta Jemaah Haji dari Pemerintah Saudi

Senin, 11 April 2022 - 14:09 WIB
loading...
Amphuri Sambut Baik Kuota 1 Juta Jemaah Haji dari Pemerintah Saudi
Amphuri menyambut baik kuota haji hingga 1 juta jemaah untuk Indonesia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan kuota haji untuk Indonesia pada 9 April 2022 lalu, yakni hingga 1 juta jemaah. Asosiasi Muslim Penyelenggaraan Haji dan Umrah Republik Indonesia ( Amphuri ) menyambut baik hal itu.

Sekjen DPP Amphuri , Farid Al Jawi mengatakan, peningkatan kuota haji tersebut menjadi hal yang positif setelah dua tahun harus terhenti karena Pandemi Covid-19.

Baca Juga: Kuota Haji 2022 Terbatas, Klasifikasi Calon Jamaah Harus Diperjelas

"Kita apresiasi pemerintah Saudi yang telah memberikan kesempatan bagi umat Islam untuk menyelenggarakan haji dengan jumlah kuota yang lebih banyak jika dibandingkan dengan tahun lalu," kata Farid dalam Market Review IDXChannel, Senin (11/4/2022).

Dia pun menjelaskan kuota jemaah haji ini disepakati bersama para Menteri Agama negara-negara Islam.

"Ini berita yang menggembirakan bagi kita semua, berharap supaya pelaksanaan haji tahun ini dengan waktu yang begitu sempit bisa terlaksana dengan baik," sambungnya.

Menyikapi hal tersebut, dia mengatakan Indonesia sudah bisa dikatakan siap untuk memberangkatkan jemaah haji pada tahun ini.

"Bukti kesiapan ini sudah kita sampaikan ketika kita diskusi secara internal kepada pemerintah, misalnya terkait kontrak-kontrak itu sudah menggunakan kontrak lama," ungkapnya.

Baca Juga: Menag Yaqut Minta Masyarakat Tak Meramal Kuota dan Biaya Haji

Dia menyebut, jika kontrak-kontrak sudah siap, maka yang kurang adalah terkait mekanismenya hingga teknis pemberangkatan yang menjadi tugas pemerintah.

"Ini memudahkan pemerintah untuk mengeksekusi, tinggal teknis dan pemberangkatan jamaah Indonesia, siapa yang berangkat tahun ini," pungkasnya.

(agn)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1680 seconds (11.97#12.26)