Protes Reog Diklaim Malaysia, Ribuan Warga Ponorogo Padati Alun-alun

Senin, 11 April 2022 - 09:15 WIB
loading...
Protes Reog Diklaim Malaysia, Ribuan Warga Ponorogo Padati Alun-alun
Aksi protes klaim kesenian Reog Ponorogo, oleh Malaysia, terus berlanjut di Alun-alun Ponorogo. Foto/iNews TV/Ahmad Subekhi
A A A
PONOROGO - Klaim Malaysia, terhadap kesenian Reog Ponorogo, terus menuai protes dari warga di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Aksi protes terhadap tindakan Malaysia tersebut, dilakukan para seniman Reog Ponorogo, bersama masyarakat.



Mereka memadati Alun-alun Ponorogo, dan menyuarakan dengan tegas Reog Ponorogo, merupakan kesenian asli yang lahir dari Bumi Warok. Para seniman dan warga juga mendesak presiden bersama menteri untuk meloloskan Reog Ponorogo, sebagai warisan budaya tak benda dari Indonesia ke Unesco.



Aksi protes ini dilakukan para seniman Reog Ponorogo, bersama-sama masyarakat secara terus-menerus, hingga memasuki hari ke empat. Mereka menggelar pesntas Reog Ponorogo, dengan menghadirkan delapan Dadak Merak.



"Kami mendesak presiden dan menteri meloloskan Reog Ponorogo sebagai warisan budaya dari Indonesia, ke Unesco," tegas salah satu seniman Reog Ponorogo, Khoirul Anam. Seluruh dokumen dan kelengkapan administrasi untuk mengajukan Reog Ponorogo, sebagai warisan budaya tak benda ke Unesco, disebut oleh Khoirul Anam sudah ada di kementrian.



Desakan agar pengajuan Reog Ponorogo sebagai warisan dunia ini dilakukan, agar kesenian asli dari Nusantara tak lagi diklaim oleh Malaysia, sebagai kesenian bernama barongan. Bahkan, Malaysia disebut telah mengajukan kesenian barongan ke Unesco.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1738 seconds (0.1#10.140)