Manfaat Kulit Kentang, Mengelola Penyakit Jantung hingga Diabetes

Rabu, 06 April 2022 - 09:45 WIB
loading...
Manfaat Kulit Kentang, Mengelola Penyakit Jantung hingga Diabetes
Kulit kentang memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk untuk kesehatan jantung dan membantu mengelola diabetes. Foto/Istimewa
A A A
MAKASSAR - Kentang terkenal di seluruh belahan dunia dengan manfaat kesehatannya dari ujung kepala hingga kaki. Tapi tak banyak orang yang mengetahui bahwa kulit kentang memiliki banyak manfaat kesehatan juga.

Para ahli menyarankan untuk tidak memakan kulit kentang yang terlihat hijau. Karena kentang adalah umbi yang tumbuh di bawah tanah. Ketika terkena cahaya atau dingin lebih lama, mereka mulai memproduksi klorofil sebagai proses alami.

Hal ini menyebabkan pembentukan alkaloid solanine yang memberikan kentang rasa pahit dan ketika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar, dapat menjadi racun dan dapat menyebabkan banyak masalah gastrointestinal.

Pilih kulit kentang yang terlihat segar dan tidak memiliki bercak hijau. Disarankan untuk menyimpan kentang jauh dari sinar matahari dan dengan ventilasi yang tepat.

Nah, berikut ini manfaat kulit kentang untuk kesehatan:



1. Baik untuk kesehatan jantung

Menurut sebuah penelitian, kulit kentang memiliki kandungan yang dapat menangkat radikal atau antioksidan yang kuat karena adanya dua senyawa fenolik dominan klorogenat dan asam galat. Senyawa ini dapat membantu menjaga kesehatan jantung yang baik dengan mengurangi kerusakan pada jantung akibat radikal bebas. Kulit kentang juga mengandung sejumlah besar kalium, yang merupakan elemen yang baik dalam mengatur tekanan darah dalam tubuh.

2. Membantu menyembuhkan luka

Studi mengatakan bahwa kulit kentang bertindak sebagai penyembuh luka alami dan dapat membantu menyembuhkan luka dan mencegah pertumbuhan bakteri yang berlebihan di daerah kulit yang terkena. Ini memiliki kemampuan untuk menginduksi penyembuhan kulit dengan mempercepat pertumbuhan sel pada kulit yang terluka.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2405 seconds (0.1#10.140)