4 Tips untuk Lebih Berenergi saat Menjalankan Ibadah Puasa

Selasa, 05 April 2022 - 07:41 WIB
loading...
4 Tips untuk Lebih Berenergi saat Menjalankan Ibadah Puasa
Beberapa tips sangat bermanfaat untuk diterapkan agar bisa memiliki lebih banyak energi selama menjalankan ibadah puasa. Foto/Ilustrasi
A A A
MAKASSAR - Bagi umat Islam, Ramadhan adalah waktu refleksi, rasa syukur, dan terhubung dengan teman dan keluarga. Lalu menjalankan ibadah puasa dari matahari terbit hingga terbenam adalah bagian mendasar dari Ramadhan.

Berpuasa diketahui memiliki banyak manfaat kesehatan. Meski demikian, dengan periode tidur malam yang lebih pendek, Anda mungkin merasa kekurangan energi.

Berikut ini empat tips untuk mendapatkan lebih banyak energi di siang hari saat menjalankan ibadah puasa.



1. Menerapkan pola makan sahur yang sehat

Sahur yang seimbang akan membantu mempersiapkan tubuh untuk berpuasa di siang hari, serta membuat pencernaan lebih efisien. Campuran karbohidrat kompleks, protein, lemak sehat, serta buah dan sayuran akan menopang tubuh.

Nikmati makan sehat dengan menghindari makanan asin atau gorengan dan pilihlah roti whole-meal, beras merah, telur, alpukat, keju, dan pisang. Pastikan juga telah mengonsumsi cukup air untuk membuat Anda tetap terhidrasi saat beraktivitas sepanjang hari.

2. Olahraga ringan

Saat tubuh Anda belum beradaptasi dengan rutinitas berpuasa, beberapa hari pertama mungkin terjadi penurunan tingkat energi. Untuk mengatasi ini, lakukan olahraga ringan ke dalam agenda harian Anda.

Beberapa menit peregangan, berjalan kaki singkat, atau beberapa latihan pernapasan sederhana dapat membantu meremajakan dan menyegarkan Anda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1455 seconds (0.1#10.140)