Pendukung bupati blokir Bandara Rargwamar Dobo

Senin, 27 Mei 2013 - 15:32 WIB
Pendukung bupati blokir Bandara Rargwamar Dobo
Pendukung bupati blokir Bandara Rargwamar Dobo
A A A
Sindonews.com - Pendukung Bupati Tedy Tengko memblokir Bandara Rargwamar Dobo. Pemblokiran bandara sebagai bentuk penolakan kedatangan tim eksekutor Kejaksaan Tinggi Maluku yang rencananya akan segera mengeksekusi bupati.

Aksi pemblokiran dilakukan dengan mengunakan drum kosong dan daun kelapa yang merupakan simbol adat daerah setempat. Akibatnya, tim eksekusi Kejati Maluku yang mengunakan penerbangan Pesawat Trigana Air gagal mendarat karena bandara di blokir.

Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Aru Umar Djabumona di damping oleh Kapolres Aru dan Dandim 1503 Maluku Tenggara mencoba mendekati warga agar membuka blokir. Mereka meminta agar tokoh adat setempat mencabut kembali sasi adat yang di tanam di landasan pacu Bandara Rargwamar Dobo.

Pencabutan sasi adat dapat di cabut kembali oleh marga barends selaku pemilik petuanan atau lahan. Pencabutan disaksikan Wakil Bupati Aru beserta unsur Muspida beserta Kepala Perhubungan Udara Dobo.

Aparat TNI-Polri bersiaga di bandara saat prosesi adat pencabutan sasi berlangsung.

Dengan pemasangan sasi ini, rute penerbangan Pesawat Trigana Air tujuan Dobo hari ini dibatalkan. Pemblokiran itu juga membuat penumpang tujuan Ambon dan Tual mengalami penundaan.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.4142 seconds (0.1#10.140)