Bawaslu harus jalankan fungsinya awasi kampanye parpol

Minggu, 26 Mei 2013 - 07:58 WIB
Bawaslu harus jalankan fungsinya awasi kampanye parpol
Bawaslu harus jalankan fungsinya awasi kampanye parpol
A A A
Sindonews.com - Pengamat politik dari Lingkar Madani Indonesia (Lima) Ray Rangkuti mengatakan, dalam mengawasi jalannya kampanye yang dilakukan calon anggota legislatif (caleg) dari tiap partai politik (parpol), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus menjalankan fungsinya secara maksimal.

Hal itu perlu dilakukan, agar jalannya kampanye bisa berlangsung fair dan dana kampanye bisa terdata secara jelas.

"Yang terpenting adalah, bagaimana peran Bawaslu dalam mengawasi dana kampanye parpol ini. Saat ini sudah waktunya Bawaslu bekerja untuk memantau kampanye parpol. Jangan sampai ada laporan dari parpol bahwa belum ada dana kampanye, padahal sudah ada dilakukan kampanye," ucap Ray saat dihubungi Sindonews, Sabtu (25/5/2013).

Menurutnya, hanya yang patut diperhatikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu, persoalan teknis dari kampanye tersebut, maunya seperti apa. "Yang terpenting hanya pengaturan secara teknis saja. itu diserahkan kepada masing-masing parpol, mau kampanyenya seperti apa, itu dikembalikan kepada parpol," kata Ray.

Lebih lanjut dia mengatakan, selain itu, biasanya dalam memasang atribut kampanye, Pemerintah Daerah (Pemda) punya regulasi masing-masing dalam mengatur oerihal kampanye ini. "Adanya kampanye atau iklan parpol, itu diserahkan kepada pemdanya masing-masing," pungkasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6672 seconds (0.1#10.140)