Massa Aksi Demo Tolak DOB Jalan Kaki ke DPRD Kota Sorong

Jum'at, 01 April 2022 - 11:08 WIB
loading...
Massa Aksi Demo Tolak DOB Jalan Kaki ke DPRD Kota Sorong
Aksi demo damai solidaritas rakyat Papua dan mahasiswa menolak pembentukan daerah otonomi baru (DOB) digelar di Sorong, Papua Barat, Jumat (1/4/2022). Foto/iNews TV/Chanry Andrew Suripaty
A A A
SORONG - Aksi demo damai solidaritas rakyat Papua bersama mahasiswa menolak pembentukan daerah otonomi baru (DOB) digelar di sejumlah wilayah di Papua dan Papua Barat, Jumat (1/4/2022).

Di Kota Sorong, Papua Barat massa pendemo melakukan aksi long march atau jalan kaki menuju kantor DPRD Kota Sorong.

Baca juga: Nabire Mencekam, Demo Tolak DOB Berujung Bentrok 5 Polisi Terluka

Dari pantauan di lapangan, aksi long march ini diawali dengan berkumpulnya massa di beberapa titik. Di antaranya di depan kompleks pertokoan Yohan dan di seputaran lampu merah, dan Terminal Remu.

Massa yang berkumpul langsung melakukan aksi long march menuju kantor DPRD Kota Sorong. Aksi long march massa ini sempat memacetkan arus lalu lintas di sepanjang jalan utama yang dilalui massa aksi.

Puluhan aparat Kepolisian Polres Sorong Kota dengan menggunakan beberapa truk terlihat mengawal aksi long march massa pendemo.

Dalam long march tersebut, massa aksi meneriakkan penolakan terhadap rencana pemerintah pusat untuk membentuk sejumlah daerah otonomi baru (DOB) di Papua dan Papua Barat.

Dalam aksi long march ini juga massa aksi membawa sejumlah spanduk dan pamflet yang bertuliskan penolakan terhadap pembentukan DOB. Selain itu massa juga meminta pemerintah segera membebaskan tahanan politik Victor Yeimo.

Baca juga: Ondofolo : Tak Semua OAP Tolak DOB dan Otsus Papua

Sebelumnya, Polres Sorong Kota l mengggelar apel kesiapsiagaan mengantispasi aksi demonstrasi yang dikhawatirkan berujung anarkistis, Jumat (1/4/2022) pagi.



Ratusan personel Polisi diback-up Brimob Yon B Sorong dengan sejumlah kendaraan taktis diturunkan dalam apel kesiapsiagaan yang dipimpin Kapolres Sorong Kota, AKBP Johannes Kindangen di halaman Mapolres Sorong Kota.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1961 seconds (11.210#12.26)