Tradisi Megengan Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ribuan Orang Mandi di Pantai Pekalongan

Selasa, 29 Maret 2022 - 22:31 WIB
loading...
Tradisi Megengan Sambut Bulan Suci Ramadhan, Ribuan Orang Mandi di Pantai Pekalongan
Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, ribuan warga memadati pantai di Pekalongan, untuk melaksanakan tradisi megengan dengan mandi di pantai. Foto/iNews TV/Suryono Sukarno
A A A
PEKALONGAN - Ribuan orang memadati pantai di Pekalongan, untuk melaksanakan tradisi megengan yang delalu digelar dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Selasa (29/3/2022). Tradisi unik ini, dilakukan dengan mandi dan menikmati keindahan alam pesisir.



Lokasi wisata Pantai Pasir Kencana, yang baru dibuka lagi setelah dua tahun tutup akibat pandemi COVID-19 ini, menjadi salah satu tempat favorit bagi warga, untuk bercengkerama bersama keluarga juga teman-teman sebelum memasuki masa puasa Ramadhan.



Salah satu warga yang datang ke Pantai Pasir Kencana, Anik mengaku, sengaja datang ke pantai sore menjelang malam hari, untuk menikmati keindahan pantai yang baru dibuka kembali setelah ditutup total akibat pandemi COVID-19.



"Datang beramai-ramai bersama keluarga dan anak-anak, untuk menikmati senja di pesisir pantai. Ini sudah menjadi tradisi di sini, untuk menyambut puasa Ramadhan. Warga menamainya tradisi megengan," ungkap Anik.

Hal senada juga diungkapkan Ratno. Dia sengaja datang bersama keluarganya, untuk menikmati senja di Pantai Pasir Kencana. "Kami mengajak anak-anak untuk bersuka cita, sebelum nantinya menjalankan ibadah puasa selama satu bulan," tuturnya.



Semakin malam, warga semakin memadati kawasan wisata Pantai Pasir Kencana. Warga menikmati indahnya panorama senja menjelang matarahi terbenam, untuk menyambut datangya bulan puasa Ramadhan. Mereka juga disuguhi pertunjukan air menari yang menyemprot berwarna-warni.

Tradisi megengan ini, sudah turun-temurun dilakukan warga. Mereka selalu berusaha melakukan tradisi tersebut setiap tahun menjelang bulan suci Ramadhan. Mereka berharap, agar ibadah puasa di bulan Ramadhan tahun ini bisa lancar dan aman sampai hari raya Idul Fitri.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.6018 seconds (0.1#10.140)