Golkar plot Caleg ke Dapil, PDIP lakukan psikotes

Jum'at, 15 Maret 2013 - 10:38 WIB
Golkar plot Caleg ke Dapil, PDIP lakukan psikotes
Golkar plot Caleg ke Dapil, PDIP lakukan psikotes
A A A
Sindonews.com - Usai KPU menetapkan Daerah Pemilihan (Dapil), Partai Politik (Parpol) langsung tancap gas. Salah satunya DPD Golkar Sidoarjo yang langsung menuntaskan penyusunan caleg per Dapil.

Ketua DPD Golkar Sidoarjo Warih Andono mengatakan, tahap akhir seleksi caleg sudah selesai. Dari awalnya 106 menjadi 60, kemudian menjadi 50 caleg yang sudah lolos seleksi per Dapil.

"Kami sudah minta caleg untuk meneken kesediaan untuk ditempatkan sesuai dapil,” ujarnya di kantor DPD Golar Sidoarjo, Jumat (15/3/2013).

Warih menambahkan, caleg yang sudah meneken tanda tangan kesedian ditempatkan di dapil, maka namanya masuk dalam daftar caleg Partai Golkar yang bakal disetor ke KPU Sidoarjo. Mereka merupakan caleg yang pasti maju dalam Pileg 2014 nanti.

Ditanya apakah ada caleg yang tidak bersedia mendatangani kesediaan ditempatkan di salah satu Dapil, Warih mengaku semuanya mau menerima. Sebab, salah satu pertimbangannya, caleg akan diprioitaskan Dapil sesuai domisilinya.

"Kalau tidak bersedia kita ganti dengan caleg lainnya,” jelas Warih didampingi Bendahara Partai Golkar Sidoarjo Thoriqul Huda.

Sejak pendaftaran caleg dibuka pada Januari lalu, ada 106 pendaftar. Namun, DPD Golkar Sidoarjo hanya mengambil 50 caleg sesuai jumlah kursi di DPRD Sidoarjo. Mereka kemudian didistribusikan ke masing-masing Dapil.

Termasuk caleg perempuan, Warih mengaku sudah memenuhi kuota 30 persen perdapil. Sehingga, tidak perlu khawatir nantinya ditolak oleh KPU.

"Kita menjatah per dapil caleg perempuan 30 persen dari jumlah yang ada," tandas politisi yang juga Wakil Ketua Komisi A DPRD Sidoarjo itu.

Disisi lain, caleg yang mendaftar ke DPC PDIP Perjuangan Sidoarjo diwajibkan ikut psikotes. Sedangkan hasilnya yang menilai langsung oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri. Psikotes dimulai dari jajaran Fraksi, pengurus DPC dan caleg lainnya.

"Untuk psikotes sudah. Kini tahap penyusunan caleg per dapil," ujar Wakil Ketua DPC PDIP Sidoarjo Tarkit Erdianto.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1976 seconds (0.1#10.140)