Makassar Gagas Tol Layang Baru, Rutenya Koneksikan Kawasan CPI

Selasa, 22 Maret 2022 - 23:09 WIB
loading...
Makassar Gagas Tol Layang Baru, Rutenya Koneksikan Kawasan CPI
Tol layang Kota Makassar. Foto: SINDOnews/Maman Sukirman
A A A
MAKASSAR - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar mewacanakan rencana pembangunan jalan tol baru dalam kota. Infrastruktur itu diharap menjadi salah satu solusi mengatasi kemacetan dan padatnya lalu lintas dalam kota.

Rencananya, jalan tol tersebut bakal dibuat dengan konsep elevated atau jalan tol layang agar tidak ada lagi pembebasan lahan.



"Jadi diupayakan tidak ada pembebasan lahan. Tanah yang dilewati adalah tanah negara. Lewat pinggir sungai, lewat laut, di atas jalan raya," kata Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto.

Jalan tol tersebut akan dibangun dengan rute mulai Jalan AP Pettarani, lalu ke Jalan Sultan Alauddin, kemudian menuju pinggir Sungai Jeneberang, hingga menembus kawasan Center Point of Indonesia (CPI).

"Di atas CPI sambung lagi elevated di atas laut, masuk di pinggir Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar New Port dan sambung ke jalan tol yang ada sekarang," tuturnya.

Jalan tol ini panjangnya diperkirakan mencapai 24 kilometer. Estimasi anggaran yang dibutuhkan sekitar Rp12 sampai 15 miliar.

Danny berujar, skema pembangunannya murni investasi sehingga tidak menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Namun sebelum ditawarkan ke investor, Danny mengatakan rencana ini akan dipersiapkan secara matang terlebih dahulu.

"Kami mencoba mengundang investor tanpa uang negara. Sebelum ditawarkan ke investor, kami persiapkan dulu secara matang. Soal regulasinya, kan sebenarnya juga sudah ada di tata ruang lama. Cuma kami ubah sedikit supaya lebih bisa terkoneksi di mana-mana," jelas Danny.

Kepala Dinas Tata Ruang Kota Makassar, Fahyuddin, menuturkan rencana pembangunan jalan tol itu sudah masuk dalam skema rencana tata ruang wilayah Pemkot Makassar .
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6717 seconds (0.1#10.140)