Ternak Rawan Terserang Penyakit, Peran Dokter Hewan Harus Dimaksimalkan

Senin, 21 Maret 2022 - 10:41 WIB
loading...
Ternak Rawan Terserang Penyakit, Peran Dokter Hewan Harus Dimaksimalkan
Kambing-kambing milik salah seorang peternak yang ada di Desa Pematang Panjang, Kecamatan Seruyan Hilir Timur. iNews TV/Sigit
A A A
SERUYAN - Sejumlah masyarakat yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir Timur meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seruyan, Kalteng untuk lebih memperhatikan sektor peternakan yang ada di wilayah setempat. Yang mana salah satu usulannya adalah berkaitan dengan masalah kesehatan hewan ternak.

Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Seruyan Bejo Riyanto menyebutkan jika Kecamatan Seruyan Hilir Timur sendiri sebagian besar masyarakat memang memiliki hewan ternak baik itu seperti ayam, bebek, sapi maupun kambing.

Akan tetapi, pada musim hujan seperti ini, khususnya untuk hewan-hewan ternak yang memang rawan terkena penyakit seperti kambing tentunya menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para peternak di wilayah setempat.

"Maka dari itu saya meminta kepada Pemkab Seruyan melalui dinas terkaitnya agar bisa memaksimalkan peran dokter hewan yang ada di wilayah setempat. Ini juga senada dengan keluhan dari para peternak khususnya yang ada di Kecamatan Seruyan Hilir Timur akan minimnya obat-obatan untuk kesehatan hewan ternak mereka," katanya, Senin (21/3/2022).

Lebih lanjut ia menjelaskan, berkaitan dengan masalah ketersediaan obat-obatan sendiri, dirinya menyarankan kepada para peternak yang ada untuk mencoba mengusulkan kepada dinas terkait untuk pengadaannya.

Selain opsi tersebut, ia juga meminta kepada dinas terkait agar bisa memaksimalkan peran dari dokter hewan yang ada untuk membantu masyarakat mengenai kesehatan hewan tersebut. Baca: Jadi Bandar Sabu, Pemuda di Lampung Utara Ditangkap Polisi.

“Saya rasa ini sudah waktu yang sangat tepat untuk memaksimalkan peran dokter hewan itu. Karena dengan cuaca yang tidak menentu apalagi musim hujan maka hewan ternak rentan akan penyakit," katanya.

"Untuk membantu masyarakat, itu salah satu solusi yang bisa dilakukan. Selain itu, mengenai usulan-usulan para peternak untuk pengadaan obat-obatan itu juga diharapkan bisa direalisasikan," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2488 seconds (0.1#10.140)