Mengonsumsi Tomat Berlebih Tak Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Efeknya

Senin, 21 Maret 2022 - 08:42 WIB
loading...
Mengonsumsi Tomat Berlebih Tak Baik untuk Kesehatan, Ini 5 Efeknya
Segala sesuatu yang berlebihan bisa berbahaya. Sama halnya dengan tomat. Foto/Freepik
A A A
MAKASSAR - Segala sesuatu yang berlebihan bisa berbahaya. Sama halnya dengan tomat yang bisa berbahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Tomat adalah bagian integral dari diet kita sehari-hari. Kita tidak pernah menghitung jumlah tomat yang digunakan dalam masakan, sup, dan salad yang dikonsumsi sehari-hari.

Namun, selain mengetahui manfaat makanan yang kita konsumsi, penting juga untuk mengetahui efek buruknya. Dilansir dari Boldsky, Senin (21/3/2022), ini 5 kekurangan mengonsumsi tomat secara berlebihan.

1. Dapat Menyebabkan Sakit Perut

Meskipun tomat dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan kita jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, overdosis tomat dapat menyebabkan sebaliknya.

Terutama bagi Anda yang menderita sindrom iritasi usus besar, tomat dapat memperburuk gejala dan menyebabkan kembung. Bila dikonsumsi berlebihan, tomat dapat menyebabkan diare, karena adanya organisme yang disebut 'Salmonella'.

Baca Juga: Penting Diketahui, Manfaat Jus Tomat buat Ibu Hamil

2. Asam Refluks

Tomat sangat asam. Karena itu, jika Anda sudah menderita refluks asam atau mulas, lebih baik berhati-hati sebelum mengonsumsi tomat. Karena tomat menghasilkan lebih banyak asam yang dapat menyebabkan gangguan saluran pencernaan akut.

Tomat mengandung asam malat dan sitrat yang memicu produksi asam berlebih, yang menyebabkan refluks lambung. Oleh karena itu, pada mereka yang menderita GERD (gastroesophageal reflux disease), gejalanya bisa memburuk.

3. Dapat Meningkatkan Tekanan Darah
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2972 seconds (11.252#12.26)