alexametrics

Jalan Kusumanegara ambles

loading...
Jalan Kusumanegara ambles
Kondisi amblesnya Jalan Kusumanegara (Priyo Setyawan/Koran Sindo)
A+ A-
Sindonews.com - Ruas Jalan Kusumanegara, tepatnya di sisi utara barat jembatan Gajah Wong ambles hingga dua meter. Hal tersebut diduga karena terus digerus air, sehingga menyebabkan kerusakan jalan sepanjang enam meter dan lebar empat meter.

Pengawas Perbaikan Jalan Dinkimpraswil Yogyakarta Muhammad Daldiri mengatakan, amblesnya sisi Jalan Kusumanegara itu pertama kali diketahui pada Kamis 7 Februari 2013, sore.

Saat itu luasan yang ambles hanya berukuran 1x0,5 meter. Namun saat petugas melakukan pemantauan pada pagi tadi, ternyata di bawahnya terdapat rongga yang cukup besar sedalam dua meter.



“Melihat kondisi ini, kami langsung bertindak, yaitu dengan melokalisir lokasi dengan memasang tali pengaman. Sehingga pengguna jalan tidak melalui tempat ini,” ungkap Daldiri di sela-sela memperbaiki ruas Jalan Kusumanegara yang ambles tersebut, Jumat (8/2/2013).

Menurut Daldiri amblesnya ruas jalan tersebut, salah satunya karena usia saluran irigasi atau gorong-gorong yang sudah tua, sehingga saat terkena gerusan air yang deras menjadi keropos akibatnya saat ada beban berat di atasnya tentunya mudah retak, dan akhirnya amblas.

Karena itu agar tidak membahayakan harus segera ada perbaikan. Untuk perbaikan sendiri diperkirakan memakan waktu hingga tiga pekan.

“Selain ambles, karena saluran irigasi yang menuju ke sungai Gajah Wong itu rusak menyebabkan aliran air berbelok arah ke utara dan membentuk aliran baru,” paparnya.

Ruas Jalan Kusumanegara sendiri, selain di bawahnya ada saluran irigasi juga ada saluran air hujan (SAH). Namun untuk kondisi SAH masih cukup bagus, sehingga tidak menyebabkan tanah ambles. Ruas jalan lain yang saat ini rawan ambles adalah, Jalan Veteran, dan Jati Kencana, dimana ada beberapa bagian ruas jalan di tempat itu retak-retak.

“Selain saluran irigasi yang tua, akibat penggalian kabel untuk telekomunikasi yang tidak memperhatikan struktur jalan juga menjadi penyebab mengapa banyak ruas jalan di Yogyakarta yang ambles akhir-akhir ini,” katanya.
(rsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak