alexametrics

Ciamis akan perbaiki 100 jalan rusak

loading...
Ciamis akan perbaiki 100 jalan rusak
Ilustrasi (istimewa)
A+ A-
Sindonews.com - Pemerintah Kabupaten Ciamis akan mengerjakan lebih dari 100 paket pekerjaan untuk perbaikan jalan sepanjang tahun 2013 ini. Tahapan pekerjaan jalan, akan dilakukan mulai Februari, mendatang.

Kepala Dinas Bina Marga, Energi, Sumber Daya Mineral Kabupaten Ciamis Deden Wahidin menyebutkan, proses pekerjaan akan dilakukan pembukaan proses lelang selama 40 hari.

“Lebih dari 100 pekerjaan ini, tersebar di semua wilayah di Kabupaten Ciamis," kata Deden, Rabu, (23/1/2013).



Deden menjelaskan, semua jalan yang kondisinya rusak di Kabupaten Ciamis akan mendapat prioritas perbaikan. Termasuk, lanjut Deden, perbaikan jalan menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Purbahayu di Parigi, Pangandaran.

“Masyarakat kita memang selalu ingin serba cepat. Padahal, yang namanya pekerjaan jalan tidak seperti makan cabe. Semua harus melalui proses dan tahapan yang sesuai dnegan aturan yang ada,” kata Deden.

Deden mengharapkan, masyarakat Ciamis yang kondisi jalannya dalam keadan rusak diminta bersabar. Jika proses lelang sudah dimulai awal Februari, maka selambat-lambatnya 10 Maret mendatang sudah ada pemenang pelaksana perbaikan jalan.

“Jika sudah ada pemenang lelang maka, pekerjaan jalna tinggal dilakukan,” terang Deden.

Deden mengungkapkan, untuk perbaikan jalan pada 2013 dari segi jumlah dan nilai jauh lebih besar. APBD Ciamis tahun ini jauh lebih longgar dibanding tahun sebelumnya yang selalu terbebani devisit anggaran.

“Ada peningkatan anggaran untuk perbaikan jalan di Ciamis, dengan nominal mencapai Rp100 miliar. Dengan anggaran yang lebih besar, diperkirakan sekira 30 persen jalan di Ciamis akan lebih mulus,” terangnya.

Hanya saja, lanjut Deden, untuk pemeliharaan jalan dan mempertahankan jalan yang sudah bagus agar tetap mulus memang susah diperkirakan. Karena, sangat bergantung pada kondisi cuaca di wilayah Ciamis.

“Kalau cuaca seperti ini terus menerus di guyur hujan, angka kerusakan jalan dilaporkan terus bertambah panjang,” terang Deden.

Bupati Ciamis Engkon Komara mengatakan, anggaran infrastruktur termasuk perbaikan jalan pada 2013 jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Menurut Engkon, APBD Ciamis pada 2013 diharapkan bisa menembus angka Rp2 triliun.

Sekarang, APBD Ciamis mencapai Rp1,9 triliun diperkirakan ada lebih sekira Rp400 miliar yang bisa digunakan untuk pembangunan di berbagai sektor. Termasuk pelayanan kesehatan dan infrastruktur.

“Menjelang akhir masa jabatan bupati, saya ingin banyak infrastruktur terutama jalan yang diperbaiki. Saya ingin semua jalan yang rusak bisa tersentuh perbaikan, tidak seperti beberap tahun lalu, yang kondisinya sangat memprihatinkan. Saya juga berharap, tidak ada lagi masalah terkait pelayanan kesehatan bagi masyarakat tidak mampu,” tandas Engkon.
(rsa)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak